Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahok Minta LKPP Terlibat Proses Pengadaan Barang dan Jasa Pertamina

Nasya Emmanuela Lilipaly, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2023 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 18 620 2848284 ahok-minta-lkpp-terlibat-proses-pengadaan-barang-dan-jasa-pertamina-q7PT3H293H.jpg Ahok Minta LKPP Terlibat dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pertamina. (Foto: Okezone.com/LKPP)
A A A

JAKARTA - Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi (Hendi) melakukan pertemuan dengan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di kantornya, Kompleks Rasuna Epicentrum, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Ahok menyatakan keinginannya agar Hendi bersama LKPP untuk ikut terlibat dalam proses pengadaan barang dan jasa di Pertamina. Pasalnya kata Ahok, keterlibatan LKPP dapat mendorong peningkatan proses pengadaan yang lebih bersih dan transparan di salah satu badan usaha milik negara tersebut.

"Sebetulnya kita enggak perlu LKPP sebagai PT. Tapi saya bilang, enggak bisa! Tetap LKPP yang harus lead. Jadi kita punya sistem akan disambungkan ke LKPP, sehingga kita kirim surat ke semua, kalau mau beli barang harus lihat tokonya LKPP (e-katalog)," tutur Ahok, Selasa (18/7/2023).

"Jadi ini saya rasa bisa menjadi sesuatu yang baru, dan kalau ini jalan negara bisa saving (hemat) banyak dan kita bisa bangun cepet," imbuh Ahok.

Menanggapi hal tersebut, Hendi mengapresiasi keinginan Ahok. Dirinya bahkan mengapresiasi sikap Ahok yang terbuka kepada LKPP RI terkait kondisi pengadaan barang/jasa di Pertamina.

"Ya ini bagus Pak Ahok, karena menurut saya belum semua mau terbuka seperti Pertamina ini. Jadi kita bisa mulai dari tempatnya Pak Ahok," tanggap Hendi.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Hendi pun bercerita bahwa sebenarnya LKPP RI hari ini sedang berproses menyusun Rancangan Undang-Undang Pengadaan Barang / Jasa Publik yang ditargetkan bisa dibahas oleh DPR RI pada tahun ini.

"Ya jadi kan kita juga lagi membahas penyusunan rancangan undang - undang, juga termasuk terkait di BUMN. Nah mangkanya Pak Ahok ke sini bagus, untuk kita bisa bersama - sama mengurusi procurement (pengadaan) di Pertamina," pungkas Hendi.

Pada kesempatan itu, keduanya pun langsung sepakat untuk melanjutkan pembicaraan awal tersebut pada rapat teknis yang langsung dihadiri oleh tim teknis dari LKPP RI dan Pertamina.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini