Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Beauty Anxiety Banyak Menyerang Perempuan Muda, Apa Itu?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2023 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2023 08 10 620 2861891 fenomena-beauty-anxiety-banyak-menyerang-perempuan-muda-apa-itu-dCwjuu5xXa.jpg Banyak Remaja Kena Beauty Anxiety. (Foto: Freepik)
A A A

GEN Z, khususnya perempuan muda, punya problematika tersendiri yang tentu berbeda dengan generasi di atasnya. Percaya atau tidak, mereka banyak mengalami yang namanya beauty anxiety. Apa itu?

Beauty anxiety adalah kondisi yang membuat seseorang takut ditolak oleh lingkungan karena penampilan fisik tak sesuai dengan standar di masyarakat. Gen Z banyak yang mengalami kondisi ini.

Jadi, mereka merasa cemas atau bahkan takut dengan penampilan fisiknya sendiri. "Sebagian besar yang datang dengan beauty anxiety adalah perempuan muda," kata praktisi estetika profesional dr Nataliani Mawardi dalam keterangan tertulis, Kamis (10/8/2023).

"Karena beauty anxiety juga, banyak remaja akhirnya kurang bisa menerima dirinya sendiri," tambah dr Nat yang juga penggagas klinik kecantikan NMW Clinic.

Menurut Psikolog Dian Wisnuwardhani, beauty anxiety umumnya timbul karena beberapa hal seperti pengalaman trauma masa kecil yang suka diejek oleh teman sebaya. Pengalaman itu dapat membuat seseorang mengalami situasi yang disebut 'body dissatisfaction'.

"Bahkan, orang yang dulunya suka diejek atau diledek bisa terjebak dalam 'body image' yang ada di lingkungan sekitar atau standar kecantikan yang ada di media sosial," papar Dian.

Pada umumnya, sambung Dian, mereka yang mengalami beauty anxiety adalah perempuan muda yang tinggal di kota besar yang mana 'physical attractiveness' dianggap hanya datang dari penampilan.

Follow Berita Okezone di Google News

Karena banyaknya Gen Z yang mengalami kondisi ini, penting bagi mereka, kata dr Nat, untuk membentuk citra diri yang positif dan pandangan mental yang kuat. Kalau memang sudah sangat mengganggu, perlu datangi tenaga profesional. "Penting banget yang namanya positivitas dan perawatan kulit yang komprehensif untuk memupuk rasa percaya diri dan pola pikir yang sehat," paparnya.

Tak jauh berbeda dengan dr Nat, Dian menawarkan solusi berupa upaya menumbuhkan positive affirmation da gratitude atau bersyukur atas apa yang dimiliki pada diri seseorang.

"Dengan begitu, mereka dapat memiliki nilai-nilai positif dalam dirinya. Tak hanya itu, mereka juga jadi bisa menerima kondisi dirinya atau self acceptance yang akhirnya dapat menjadi self confidence," kata Dian.

Kalau positivitas sudah dimiliki oleh seseorang, lanjut Dian, maka dengan mendapatkan perawatan estetika yang komprehensif, dirinya dapat memaksimalkan penampilan dengan lebih baik dan proporsional sesuai dengan kepribadiannya. "Itu menjadikan diri mereka lebih nyaman sekaligus menghargai makna beauty yang seutuhnya," terang Dian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini