Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Kantor

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2023 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 08 18 620 2867045 6-cara-meningkatkan-kepercayaan-diri-di-kantor-C79BTGiPcj.jpg Ilustrasi Pekerja Kantoran. (Foto: Freepik)
A A A

ADA 6 cara meningkatkan kepercayaan diri di dunia kerja. Memang, orang yang percaya diri cenderung menangani tantangan dengan lebih baik dan membangun hubungan kerja yang lebih kuat.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang baik, apalagi saat memasuki dunia kerja. Namun tentunya bisa diperbaiki dan diperbaiki secara perlahan dengan mengikuti enam cara berikut ini, seperti dilansir Timesofindia.

Bahasa tubuh

Cara kita membawa diri, posisi tubuh, kontak mata, bahkan jabat tangan kita sering diremehkan. Namun nyatanya, bahasa tubuh tidak hanya menunjukkan rasa percaya diri orang-orang di sekitar kita, tetapi juga memperkuat rasa percaya diri kita sendiri.

Ketika kita mempraktekkan apa yang kita butuhkan, kita membantu cara berpikir kita. Keyakinan yang kita rasakan membawa energi positif dan hal-hal positif selalu menarik hal-hal positif lainnya.

Pengetahuan diri dan penerimaan

Untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bekerja, hal yang paling penting adalah memperhatikan bagaimana Anda menerima kelebihan dan kekurangan Anda. Anda harus menemukan kualitas unik Anda dan menerima bahwa tidak ada orang yang sempurna.

Kesadaran diri membantu Anda fokus pada kekuatan Anda. Jika Anda mengetahui dan menerima sisi lain Anda, rasa percaya diri Anda akan segera meningkat.

Jangan Pernah Merendahkan Diri

Ketika kita berbicara dengan lambat atau ragu-ragu atau terus-menerus meminta maaf karena berbicara, itu menurunkan kepercayaan diri kita dan membuat orang lain melihat kita lemah.

Bahkan kata-kata atau frasa tertentu seperti "Saya bisa saja salah", "Saya hanya beruntung" dan seterusnya, itu hanya meningkatkan harga diri yang rendah. Hentikan itu karena bahkan orang yang benar-benar salah mengatakannya dengan percaya diri. Jadi mengapa mempermalukan diri sendiri?

Follow Berita Okezone di Google News

Visualisasi diri positif

Penting untuk mengamati dialog internal, untuk menggantikan keraguan dengan penegasan positif. Visualisasikan kesuksesan dalam situasi yang berbeda dan bayangkan diri Anda mengatasi semua rintangan dan tantangan ini dengan percaya diri. Seiring waktu, latihan ini melatih otak untuk merespons stres secara positif. Itu membuat Anda lebih percaya diri dan itu terlihat di tempat kerja.

Persiapan adalah kuncinya

Pastikan Anda mempersiapkan dengan sangat matang untuk semua hal seperti rapat, presentasi, atau tugas. Ketika Anda memahami materi dengan baik, itu membantu Anda untuk menjawab dengan efektif dan secara alami mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Persiapan juga menunjukkan komitmen dan kompetensi kepada rekan kerja dan atasan.

Feedback yang membangun

Feedback, baik positif maupun negatif, sangat berharga untuk pertumbuhan. Banyak orang mengutamakan egonya ketika seseorang mengkritik mereka, dan reaksinya tidak terlalu baik. Mereka juga dilihat sebagai perilaku dan reaksi negatif dari seseorang dengan masalah yang kompleks.

Oleh karena itu, daripada disakiti, anggaplah itu sebagai kesempatan untuk berkembang. Umpan balik yang konstruktif atau konstruktif dapat membantu meningkatkan keterampilan dan memperkuat komitmen untuk perbaikan diri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini