Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Pilek Sebabkan Kuping Jadi Budek Mendadak?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 05 September 2023 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2023 09 05 620 2877725 kenapa-pilek-sebabkan-kuping-jadi-budek-mendadak-1QB5CGmnXx.jpg Ilustrasi Batuk Pilek. (Foto: Freepik)
A A A

UDARA buruk yang terjadi di Jakarta membuat banyak orang mengalami batuk pilek. Memang rasa tidak nyaman ini bukan hanya terjadi di tenggorokan saja, tapi juga membuat kuping kita menjadi tersumbat.

Lantas, kenapa jika tengah pilek kuping kita jadi budek mendadak? Dijelaskan Dokter Audiologi dan Vestibuler dr Madhita Kasoem bahwa pada beberapa kasus pilek memang bisa bikin kuping kehilangan sensitivitasnya dalam mendengar suara. Ya, kalimat umumnya 'budeg' mendadak.

Secara medis, kuping jadi 'budek' mendadak saat pilek karena saat flu terjadi pembengkakan di saluran tuba yang mana itu terhubung ke telinga tengah.

"Nah, pas lagi batuk, pilek, flu, saluran tuba ini bisa menutup karena ada perubahan tekanan (akibat pembengkakan)," terang dr Madhita saat ditemui di acara peluncuran aplikasi Kasoem Plus di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

"Dari situ akhirnya orang ada yang ngerasa pendengarannya berkurang saat pilek," sambungnya.

Pada kondisi yang lebih khusus, pada anak-anak misalnya, kalau mereka sedang demam kadang muncul cairan di telinga. Makanya, dokter akan memeriksa telinga anak.

Follow Berita Okezone di Google News

"Jadi, kalau anak demam bisa ada cairan di telinga dan ini bisa berisiko bahaya yaitu penurunan pendengaran," jelasnya.

Meski begitu, kondisi semacam ini tidak perlu dikhawatirkan, karena ketika penanganan demam tepat kondisi telinga akan kembali seperti semula. Dengan kata lain, gangguan pendengaran hanya bersifat sementara, tidak permanen.

"Kalau demam atau pileknya sembuh, ya, gangguan pendengarannya balik seperti semula," kata dr Madhita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini