Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hiu Purba Langka Terekam Tertangkap Kamera, Usianya Diperkirakan Ratusan Tahun

Wahyu Sibarani, Jurnalis · Kamis 07 September 2023 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2023 09 07 620 2879044 hiu-purba-langka-terekam-tertangkap-kamera-usianya-diperkirakan-ratusan-tahun-zJKP9fJMJv.jpg Hiu Greenland. (Foto: Hemming1952)
A A A

LAUT memang menyimpan banyak misteri, termasuk hewan-hewan laut yang ada di dalamnya. Banyak hewan laut yang ternyata sudah memiliki umur puluhan bahkan ratusan tahun.

Nah, baru-baru ini keberadaan hiu pubra berusia ratusan tahun di Karibia berhasil tertangkap kamera. Yang menarik adalah hiu air dingin tersebut muncul ribuan mil dari habitat aslinya.

Penemuan hiu purba itu dilakukan secara tidak sengaja. Para peneliti semula ingin menangkap hiu macan di lepas pantai Belize namun tali pancing mereka justru mengait ke tangkapan dengan tenaga yang sangat kuat.

Mereka mendapati tali pancing telah berpindah beberapa mil jauhnya dari terumbu karang ke perairan sedalam 2.000 kaki. Ketika tangkapan mulai melemah dan diangkat, mereka terkejut menemukan hiu Greenland purba.

Salah satu peneliti, Hector Daniel Martinez, mengatakan, "Kelihatannya sangat, sangat tua," sambil menekankan habitat laut dalam sebagaimana dilansir dari Science Alert.

Awalnya, para ilmuwan menduga itu mungkin hiu enam insang, predator laut dalam yang dominan, namun setelah memotret hewan yang jarang terlihat tersebut, mereka memastikan identitasnya adalah hiu Greenland.

"Kami tiba-tiba melihat makhluk yang bergerak sangat lambat dan lamban di bawah permukaan air. Itu tampak seperti sesuatu yang ada di zaman prasejarah” kata peneliti lain, Devanshi Kasana.

Follow Berita Okezone di Google News

Sekedar informasi, hiu Greenland sendiri adalah vertebrata yang hidup paling lama di Bumi, dengan umur yang sangat panjang yaitu 250 – 500 tahun, menurut National Ocean Service. Hiu ini hidup ribuan kaki di bawah air dalam kegelapan pekat dan jarang terlihat atau difoto, dan hanya sedikit detail yang diketahui mengenai umur mereka yang sangat panjang.

Di kedalaman air, mereka tumbuh, bergerak, dan menua secara perlahan. Gaya hidup mereka yang hemat energi dan bergerak lambat merupakan adaptasi penting terhadap laut dalam yang kekurangan nutrisi.

Peneliti menyebut, menemukan hiu Greenland di dekat terumbu karang di lepas pantai Belize adalah hal yang tidak terduga. Hiu ini rupanya dapat berkembang biak di laut dalam Arktik dan dapat menghuni wilayah laut dalam lainnya, termasuk Karibia.

Penemuan ini menimbulkan pertanyaan apakah hiu Greenland ini bermigrasi ke Karibia dari perairan Arktik atau menghabiskan sebagian besar hidupnya di kedalaman perairan tropis di wilayah tersebut.

Pertanyaan ini masih belum terjawab, namun ada kemungkinan besar bahwa lebih banyak lagi makhluk misterius ini yang berkeliaran di kedalaman gelap Karibia, tersembunyi dari pandangan manusia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini