Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamenkes Sebut Pelayanan Kesehatan Semakin Baik di Tangan Anak Muda

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 September 2023 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2023 09 08 620 2879755 wamenkes-sebut-pelayanan-kesehatan-semakin-baik-di-tangan-anak-muda-rg1Njkzzrr.jpg Wamenkes Dante Saksono. (Foto: Youtube)
A A A

WAKIL Menteri Kesehatan RI (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono menyebut, pelayanan kesehatan di kawasan ASEAN bisa lebih baik berkat tangan-tangan anak muda.

"Pemuda menjadi penting, memanfaatkan angin perubahan. Inisiatif dan kemitraan yang dipimpin oleh kaum muda mampu menampung 34 persen masyarakat populasi di Asia, menjembatani kesenjangan yang telah lama menghambat kemajuan," ujarnya saat jadi pembicara di ASEAN Youth Summit di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Dante menyebut, di Indonesia sendiri ada banyak anak-anak muda yang menginspirasi untuk bidang kesehatan. Bahkan mereka menciptakan inovasi-inovasi hingga program luar biasa, sehingga dapat membantu banyak orang yang membutuhkan.

Misalnya, dokter muda Gamal Albinsaid. Ia memperbaiki dan menghapus kesenjangan akses layanan kesehatan dengan mendirikan inisiatif Garbage Clinic Insurance (GCI).

"Dimana masyarakat yang memiliki hak istimewa dapat menukarkan gaji rumah tangganya dengan akses terhadap fasilitas kesehatan," ujarnya.

Bahkan Gamal juga mendapatkan penghargaan sebagai dokter muda yang membanggakan Indonesia, karena sudah mengeluarkan gagasan dan ide luar biasa. Sehingga kehadirannya berperan penting pada pelayanan kesehatan.

Kemudian ada Adrianus Jeniven Haki Tonbesi, Perawat Ahli Pertama di Puskesmas Wini – Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Ia meraih penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional tahun 2023 dari Kemenkes.

Follow Berita Okezone di Google News

Berkat pengabdiannya, Adrianus melayani pasien di daerahnya. Serta membuat inovasi program kesehatan yang dilakukan untuk masyarakat wilayah Wini.

"Dia menciptakan inisiatif berdampak yang disebut Gercap Sero Pasukan (Gerakan Cegah Amputasi Bagi Pasien Ulkus Diabetes di Kampung Perbatasan)," terang Dante.

Oleh karena itu Dante meyakini, masih banyak lagi generasi muda di Indonesia khususnya di kawasan Asia, termasuk beberapa orang yang sudah berkecimpung di bidang ini. Mereka telah melakukan banyak hal untuk layanan kesehatan, yakni terdapat masalah dalam pelayanan kesehatan di masing-masing negara.

"Bayangkan dampak yang akan kita dapatkan jika kita berkolaborasi dan meningkatkan kesehatan generasi muda, memimpin inisiatif kesehatan untuk mendobrak hambatan akses dan melakukan advokasi terhadap kesehatan di wilayah kita," pungkasnya.

1
2
Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini