Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Peluncuran, Waspada Link Palsu Pre-Order iPhone 15

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 12 September 2023 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 09 12 620 2881699 jelang-peluncuran-waspada-link-palsu-pre-order-iphone-15-cPwuIH4eoj.jpg iPhone 15. (Foto: 9to5mac)
A A A

PELUNCURAN iPhone 15 memang akan terjadi dalam beberapa jam mendatang. Peluncuran iPhone 15 memang menjadi komoditas buruan hot yang dicari banyak orang.

Banyak orang akan berburu ponsel pintar besutan Apple tersebut, yang pastinya akan dimanfaatkan oleh mereka yang berniat jahat. Sudah bisa dipastikan, menjelang peluncuran akan beredar link-link palsu untuk pre-oreder ponsel tersebut.

Perusahaan keamanan siber asal Rusia, Kaspersky mengungkap bahwa sebenarnya agar bisa terhindar dari penipuan berkedok peluncuran iPhone 15 bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Menurut Tatyana Kulikova, pakar keamanan di Kaspersky, untuk menghindari menjadi korban penipuan tersebut direkomendasikan agar mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

- Verifikasi Sumbernya: Pastikan Anda berurusan dengan penjual yang bereputasi dan resmi, terutama untuk pembelian pra-rilis.

- Hindari Pembayaran di Muka: Berhati-hatilah dengan penawaran yang menuntut pembayaran di muka untuk hadiah atau produk pra-rilis.

- Gunakan Saluran Resmi: Andalkan situs web resmi Apple atau pengecer resmi untuk pembelian asli.

- Periksa Ulasan: Sebelum melakukan pembelian online, teliti penjualnya dan tinjau tanggapan pelanggan.

- Aktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA): Lindungi akun online Anda, terutama yang terhubung dengan metode pembayaran, dengan 2FA.

- Gunakan Solusi Keamanan: Solusi keamanan otomatis yang akan melindungi Anda dari semua penipuan yang diketahui dan tidak diketahui.

- Tetap Terinformasi: Ikuti perkembangan penipuan umum dan praktik terbaik keamanan siber.

Untuk diketahui, banyaknya orang yang menanti momen peluncuran iPhone 15 telah dimanfaatkan para penjahat siber untuk melakukan aksi phising yang membawa risiko kerugian yang luar biasa.

Tatyana menemukan bahwa saat ini para penjahat berusaha memangksa korbannya dengan berpura-pura menawarkan kesempatan untuk menjadi yang pertama memiliki iPhone 15.

Follow Berita Okezone di Google News

Para penjahat akan mengaku bias menyediakan iPhone pra-rilis dan menjanjikan kesempatan kepada pengguna untuk mendapatkannya. Korban yang tidak menaruh curiga pun akan berpotensi mengalami kerugian.

Mereka akan diminta sejumlah uang oleh para penipu untuk mengamankan pembelian eksklusif mereka. Selain itu penjahat juga bakal meminta rincian identifikasi pribadi seperti nama, alamat, dan nomor telepon.

Setelah pembayaran diserahkan, para penjahat akan menghilang, meninggalkan korban tanpa iPhone yang dijanjikan hingga mengakibatkan kerugian yang luar biasa.

"Di era digital, penipu terus-menerus beradaptasi dan mengeksploitasi kegembiraan kita terhadap tren teknologi terkini. Sangat penting bagi konsumen untuk tetap waspada, memverifikasi penawaran, dan menjaga informasi pribadi mereka," kata Tatyana.

"Ingat, jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, sering kali itu berujung sebagai penipuan," komentar Tatyana Kulikova, pakar keamanan di Kaspersky," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini