Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisa Jadi Next Pandemi, Apa Itu Penyakit X yang Buat Ahli Kesehatan Cemas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 September 2023 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 09 26 620 2890217 bisa-jadi-next-pandemi-apa-itu-penyakit-x-yang-buat-ahli-kesehatan-cemas-iQAlaqZKKc.jpg Ilustrasi Penyakit X. (Foto: Freepik)
A A A

PENYAKIT X memang tengah membuat banyak pakar kesehatan khawatir, lantaran dianggap lebih mematikan daripada Covid-19. Seorang praktisi kesehatan asal Inggris mengatakan penyakit ini akan menimbulkan kasus kematian yang jauh lebih besar dibandingkan Covid-19, setidaknya 50 juta kematian orang terjadi di dunia.

Ketua Satgas Vaksin Inggris, Dame Kate Bingham, memperingatkan bahwa pandemi berikutnya itu adalah 'penyakit x' dan akan membunuh setidaknya 50 juta orang di seluruh dunia. "Dunia beruntung, karena Covid-19 gak lebih mematikan dari penyakit X ini," kata pakar vaksin itu pada Daily Mail, dikutip dari Express.

Nama pandemi berikutnya adalah 'Penyakit X' dan penamaan tersebut datang dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Para ahli meyakini, pandemi berikutnya itu sedang dalam perjalanan.Menurut data WHO, Covid-19 membunuh hampir 7 juta orang dari awal mewabah sejak 2020. Dan angka kematian penyakit X, kata Dame, 7 kali lebih banyak.

Dame menerangkan kalau penyakit X kemungkinan besar berasal dari virus yang sudah ada sebelumnya. Di dunia, banyak sekali virus yang sedang bereplikasi dan bermutasi dan itu menjadi ancaman serius bagi manusia.

Walau tidak semua virus yang bereplikasi atau bermutasi menjadi ancaman bagi manusia, tapi tetap akan ada sebagian dari virus itu yang menimbulkan ancaman bagi manusia. Kewaspadaan diperlukan.

Ya, Dame mengimbau agar para ilmuwan memantau 25 keluarga virus yang masing-masing terdiri dari ribuan virus yang semuanya berpotensi berkembang menjadi pandemi dan membawa bencana besar bagi kehidupan manusia.

Angka tersebut belum memperhitungkan virus yang dapat berpindah dari hewan lain ke manusia. "Dengan adanya Covid-19, sebagian besar orang yang terinfeksi virus ini berhasil pulih," jelas Dame.

Follow Berita Okezone di Google News

"Bayangkan penyakit X sama menularnya dengan campak dengan tingkat kematian akibat Ebola sebesar 67 persen. Di suatu tempat di dunia, penyakit ini terus terjadi dan cepat atau lambat seseorang akan mulai merasa sakit," ungkap Dame.

Informasi itu diketahui para ilmuwan dari upaya pengembangan vaksin untuk melawan penyakit x yang belum diketahui. Penelitian vaksin dikerjakan di kompleks laboratorium Porton Down milik pemerintah Inggris di Wiltshire. Penelitian vaksin penyakit X dikerjakan oleh tim yang berisikan 200 ilmuwan.

Para peneliti percaya, pandemi berikutnya berasal dari virus hewan yang mampu menginfeksi manusia dan menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Patogen berbahaya mendapat sorotan utama peneliti vaksin di tempat tersebut, termasuk flu burung, cacar monyet, dan hantavirus atau penyakit yang disebarkan oleh hewan pengerat.

Profesor Dame Jenny Harries selaku Kepala Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan bahwa perubahan iklim dan perpindahan populasi manusia dari satu benua ke benua lain membuat kemungkinan terjadinya pandemi berikutnya semakin besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini