Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IDAI Ungkap Keprihatinan pada Konflik Israel-Palestina: Lindungi Hak Anak-Anak!

Chindy Aprilia Pratiwi, Jurnalis · Rabu 18 Oktober 2023 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 10 18 620 2903868 idai-ungkap-keprihatinan-pada-konflik-israel-palestina-lindungi-hak-anak-anak-GSs1j2uucb.jpg Anak-Anak di Palestina. (Foto: Reuters)
A A A

PERANG di jalur Gaza antara Israel dan Palestina memang terus memburuk. Setiap harinya korban terus berjatuhan dari tentara hingga orang sipil, bahkan anak-anak.

Dikabarkan, perang tersebut sudah masuk ke dalam tindakan tragis yaitu pengeboman pada tempat tinggal. Oleh karena itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan ucapan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada korban yang terdampak perang Gaza di Palestina.

Selain itu, IDAI juga menegaskan akan mengutuk keras tindakan tragis yang terjadi di Gaza, yaitu pengeboman yang dilakukan oleh zionis Israel terhadap bangunan-bangunan tempat tinggal, konvoi pengungsi, dan rumah sakit di wilayah tersebut.

“Tragedi kemanusiaan ini telah menyebabkan banyak kematian dan kerugian yang signifikan pada penduduk sipil, termasuk populasi yang rentan seperti pasien yang sedang di rawat di rumah sakit,” tulis IDAI, dikutip dalam Instagram miliknya @idai_ig, Rabu (18/10/2023).

Banyaknya anak-anak yang menjadi korban dalam tragedi kemanusiaan ini, menyebabkan tindakan ini melanggar hak asasi manusia, konvensi jenewa, dan prinsip-prinsip dasar kemanusiaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Karenanya, sebagai bentuk solidaritas IDAI menyerukan kepada masyarakat internasional, ternasuk pihak berwenang di seluruh dunia, untuk segera menanggapi situasi ini, dan menuntut pertanggung jawaban dari pihak yang terlibat dalam tindakan ini. “Kita perlu melindungi hak-hak anak dan memastikan keselamatan anak-anak,” tulis IDAI.

Warga sipil terutama anak-anak membutuhkan perlindungan dari kekerasan lebih lanjut. Pasokan kemanusiaan, termasuk kebutuhan pokok, makanan, obat-obatan, dan ketersediaan tempat tinggal harus terjamin.

Sebagai organisasi seluruh dokter spesialis anak di Indonesia, IDAI mendukung upaya-upaya untuk melindungi dan mengadvokasi hak asasi manusia serta mendukung upaya-upaya perdamaian yang berkelanjutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini