Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Luhut Berobat di Singapura?

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Sabtu 04 November 2023 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2023 11 04 620 2914513 kenapa-luhut-berobat-di-singapura-lfHjNCvHku.jpg Luhut dan Istri. (Foto: Instagram)
A A A

KONDISI kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan mulai membaik. Luhut dipastikan sudah mulai bisa sedikit beraktivitas dan menerima kunjungan pasca-hampir satu bulan sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit Singapura.

Melalui sebuah unggahan di akun Instagramnya, Luhut lantas turut mengungkapkan alasan mengapa dirinya lebih memilih dirawat di rumah sakit Singapura dibanding di Indonesia.

Dia menyebut, awalnya sempat menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit Indonesia. Kemudian, kerabat dan keluarganya merekomendasikan Luhut untuk dirawat di Singapura agar bisa benar-benar fokus untuk menjalani pemulihan.

“Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal,” ujar Luhut, melalui akun Instagramnya, Sabtu, (4/11/2023).

“Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” ungkapnya lagi.

Berkat proses recovery yang ia jalani selama hampir sebulan di Singapura itu, kondisi Luhut lantas semakin membaik. Dia bahkan sudah diperbolehkan untuk sedikit mengurus pekerjaan, bahkan menerima kunjungan, salah satunya dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.

“Sekarang, saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meskipun belum sepenuhnya,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

“Saya juga sudah mulai menerima kunjungan Presiden @jokowi, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali,” sambungnya.

Dalam postingan tersebut, Luhut terlihat membagikan potret di mana dirinya sudah terlihat membaik, bahkan sempat dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses “recovery” tubuh pasca sakit yang saya alami,” ujar Luhut.

Namun, dalam potret tersebut, penampilan Luhut memang agak berbeda. Rambut hitamnya terlihat mulai memutih. Meski begitu, ia masih tampak bisa berdiri gagah saat menyapa dan bersalaman dengan Presiden Jokowi yang saat itu menjenguknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini