Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gebrakan Sandiaga Uno Bisa Kembalikan Pariwisata Jadi Lokomotif Perekonomian

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 620 2346412 gebrakan-sandiaga-uno-bisa-kembalikan-pariwisata-jadi-lokomotif-perekonomian-QlQ7GF3Hcr.jpg Menpar Sandiaga Uno Jadi Harapan Baru Pariwisata Indonesia. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)
A A A

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan gebrakannya menumbuhkan harapan baru bagi sektor industri pariwisata. Apalagi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu yang paling terdampak pandemi.

Pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Guntur Subagja Mahardika mengatakan, ada harapan baru kebangkitan pariwisata pasca reshufle kabinet dengan dipilihnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf.

Baca Juga: Menko Luhut dan Menlu China Nongkrong di Danau Toba, Bahas Apa?

Guntur menambahkan, sektor pariwisata adalah industri yang melibatkan berbagai sektor kegiatan ekonomi. Selain pelaku industri pariwisata itu sendiri, juga melibatkan ekonomi kreatif, UMKM, pertanian dan perikanan, transportasi, dan sektor-sektor lainnya.

“Kami mengapresiasi Pak Menteri Sandiaga Uno yang bergerak cepat untuk memetakan permasalahan dan berupaya mencari solusinya agar industri pariwisata kembali hidup dan menjadi lokomotif perekonomian nasional,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Gercep! Sandiaga Uno Temui Sri Mulyani, Ada Apa Nih?

Menurut Guntur, pihaknya siap untuk menjadi motor untuk membangkitkan industri pariwisata nasional. Sehingga bisa berefek domino bagi lapangan pekerjaan dan perekonomian secara keseluruhan.

Follow Berita Okezone di Google News

“Saat ini ada 64 juta UMKM yang menyerap lapangan kerja sekitar 107 juta orang, namun sebagian besar mereka terdampak pandemi shg mengakami PHK, dirumahkan, bahkan usahanya tutup. IPI bersama-sama sektor lainnya harus memulai membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,”jelasnya.

Misalnya adalah dapat mengembangkan wisata desa. Apalagi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga memiliki program dewa-dewi yaitu Desa Wisata Agro dan Desa Wisata Industri.

“Sektor ini dapat menghidupkan ekonomi desa dan melahirkan lapangan kerja bagu warga setempat dan menghidupkan UMKM,” jelasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini