Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harus Lakukan Apa Bila Alami KIPI Usai Vaksinasi Covid-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 620 2455182 harus-lakukan-apa-bila-alami-kipi-usai-vaksinasi-covid-19-xEqVMXvkhw.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)
A A A

PEMERINTAH terus mengenjot vaksinasi Covid-19 sebagai upaya mempercepat terbentuknya herd immunity. Hal ini salah satu bagian dalam penanganan Covid-19 agar pandemi segera berakhir.

Namun, ada satu kekhwatiran bagi sebagian orang untuk melakukan vaksinasi. Kekhawatiran tersebut adalah efek setelah disuntik vaksin Covid-19.

Kondisi ini disebut Kejadian Ikutan Pasca Imuninasi atau KIPI. KIPI adalah gejala medis yang dapat terjadi setelah vaksinasi atau imunisasi. Lantas, berbahayakah KIPI bagi penerima vaksin Covid-19?

KIPI

Dikutip dari akun Instagram @lawancovid19_id, umumnya KIPI bersifat sementara dan ringan. KIPI yang bersifat ringan tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Baca Juga : BPOM: KIPI Vaksin AstraZaneca Relatif Kecil, 1 Berbanding 1 Juta

Karena itu, tubuh bereaksi dengan KIPI setelah menerima vaksinasi, tetap tenang. Reaksi nyeri, bengkak, dan kemerahan di lokasi suntikan dapat diatasi dengan kompres dengan air dingin.

KIPI

Baca Juga : Update Vaksinasi Covid-19, Belum Ada Laporan KIPI Berat Akibat Vaksin AstraZeneca

Jika demam, dapat mengompres atau mandi dengan air hangat.Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak minum air putih, istirahat, dan minum obat bila perlu.

Sementara, jika mengalami reaksi KIPI berat, catat dengan detail dan segera laporkan pada petugas atau fasilitas layanan kesehatan. Anda juga bisa menghubungi kontak yang tertera pada kartu vaksinasi, dan situs web pelaporan KIPI di https://keamananvaksin.kemkes.go.id.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini