Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingat! Campak hingga Tetanus Tak Hilang Selama Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 620 2578979 ingat-campak-hingga-tetanus-tak-hilang-selama-covid-19-smB5FhYkhD.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)
A A A

SELAIN vaksin Covid-19, banyak juga vaksin yang harus diberikan pada anak-anak. Vaksin yang diberikan lewat imunisasi dimaksud agar anak-anak mendapatkan perlindungan dari beberapa penyakit.

Adapun imunisasi lengkap yang diiberikan untuk anak, antara lain campak, rubela, polio, difteri, dll. Rangkaian vaksinasi ini pun bisa dilakukan sejak usia bayi hingga usia remaja.

Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si menjelaskan, imunisasi secara umum dipahami proses dalam tubuh memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit. Mengingat situasi di tengah pandemi Covid-19, serangkaian vaksin dilakukan sebagai hal utama sebagai obat membentuk antibodi.

"Di samping waspada Covid-19 tetap jangan lupa bahayanya campak, rubela, difteri dan tetanus, dan lainnya dengan imunisasi. Sebelum Covid-19 sudah ada bahkan selama Covid-19 tetap ada penyakit itu," tutur dikutip dari Instagram Kemenkes, Kamis (14/4/2022)

Lebih lanjut dia menjelaskan, selain vaksin makan sehat dengan gizi seimbang mampu membantu pembentukan antibodi dalam tubuh anak. Juga dibarengi dengan istirahat yang cukup sehingga anak bisa tetap sehat.

Dokter Soedjatmiko melanjutkan, untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh juga adalah hal penting. Sebab banyak penyakit yang datang karena tidak menjaga kebersihan, seperti ventilasi, udara atau adanya virus yang ditularkan dari orang lain.

"Kalau virusnya masuk ke saluran pernafasan ya artinya lingkungan, ventilasi, dalam angkot atau kendaraan dan sebenarnya bisa dicegah dengan menggunakan masker sebagai perlindungan pertama," jelasnya

Follow Berita Okezone di Google News

"Untuk melindungi anak dari berbagai penyakit bukan hanya menggunakan satu vaksin saja. Perlu disesuaikan dengan jenis vaksin, makanya harus dicek lagi buku imunisasinya apakah sudah melakukan imunisasi lengkap?" tambah Prof Soedjatmiko.

Adapun jenis imunisasi rutin lengkap terdiri dari ;

1. Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi Usia 0-11 bulan :

• HB0 1 dosis

• BCG 1 dosis

• DPT-HB-Hib 3 dosis

• Polio tetes (OPV) 4 dosis

• Polio suntik (IPV) 1 dosis

• Campak Rubela 1 dosis

2. Imunisasi Lanjutan Baduta pd anak usia 18-24 bulan :

• DPT-HB-Hib 1 dosis

• Campak Rubela 1 dosis

 

3. Imunisasi Lanjutan Anak Sekolah Dasar/sederajat pd Program Tahunan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)

• Campak Rubela dan DT pada anak kelas 1

• Td pada anak kelas 2 dan 5

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini