Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Kunci Indonesia Pulih dari Wabah Corona

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 620 2191434 sinergi-pemerintah-dan-masyarakat-kunci-indonesia-pulih-dari-wabah-corona-49cn3mTDtk.jpg Masyarakat mengenakan masker saat di luar rumah/Foto: Okezone

JAKARTA - Indonesia tengah melakukan berbagai upaya untuk menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19. Upaya pemerintan tersebut tentu membutuhkan peran aktif dari masyarakat di seluruh Indonesia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat salah satu kunci Indonesia pulih dari wabah virus corona (Covid-19). Salah satu bentuknya adalah sikap patuh masyarakat dalam mengaplikasikan imbauan pemerintah.

Imbauan dimaksuk seperti menjaga jarak di dalam berkomunikasi sosial, baik di luar maupun di dalam ruangan. Kemudian, anjuran melaksanakan protokol kesehatan juga dipatuhi dan dijalankan sebaik mungkin guna memutus rantai penyebaran virus corona penyebab covid-19.

Baga juga: Warga Jakarta Harus Serius Lakukan Physical Distancing

"Upayakan tetap berada di dalam rumah. Apabila terpaksa keluar rumah, maka jaga jarak, hindari kerumunan, kemudian gunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh wajah, kemudian praktikan betul etika saat batuk dan bersin," kata Yurianto, Senin (30/3/2020).

Menjaga jarak sekurangnya harus satu meter dengan orang lain. Sebab, droplet dapat terhirup masuk ke saluran napas orang yang sehat dan mengakibatkan terjadinya penularan. Droplet atau percikan ludah dapat jatuh ke benda-benda sekitar yang sering disentuh secara bersama.

Kemudian, secara tidak sadar, droplet tersebut disentuh orang lain juga. Droplet tersebut dapat berpindah kedalam tubuh setelah disentuh dan terhirup karena lupa mencuci tangan.

Hal yang juga menjadi penting dalam kasus ini, menurut Yurianto, adalah peran serta masyarakat untuk turut melindungi dan menjaga bagi siapapun yang sakit. Menjauhi atau mengucilkan warga yang sedang sakit merupakan tindakan yang justru memperburuk keadaan.

Senada dengan Yurianto, Sosiolog Universitas Indonesia, Imam B Prasodjo meminta kepada seluruh warga negara Indonesia, untuk bahu-membahu membantu pemerintah dalam penanggulangan virus corona (Covid-19). Diminta tak mengeluarkan ujaran kebencian di tengah pandemi ini yang terus menyerang berbagai lapisan masyarakat.

"Kita juga dituntut untuk langsung melakukan aksi tidak hanya berbicara, tetapi kita diminta demi kelangsungan hidup bersama untuk agar kita bisa melakukan aksi," kata Imam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini