Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dedikasi Besar Bob Hasan untuk PB PASI

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 620 2191866 dedikasi-besar-bob-hasan-untuk-pb-pasi-H3BasGEAYS.jpg Bob Hasan semasa hidup saat menjawab pertanyaan dari sejumlah jurnalis. (Foto: @pasipusat)
A A A

JAKARTA – Bob Hasan yang meninggal dunia hari ini, Selasa (31/3/2020), dikenal memiliki dedikasi tinggi untuk olahraga. Tercatat, pria kelahiran Semarang itu selama 44 tahun (1976-2020) menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Selama 44 tahun menjabat sebagai ketua umum PB PASI, ada berbagai prestasi yang ditorehkan Bob Hasan. Berkat bantuannya, Indonesia tercatat 11 kali menjadi juara umum SEA Games. Sekadar informasi, mayoritas medali emas yang didapat kontingen Indonesia tatkala meraih medali emas SEA Games berasal dari cabang olahraga atletik.

Bob Hasan

(Bob Hasan saat menerima penghargaan dari Kemendagri)

Ada satu mimpi yang dimiliki Bob Hasan semasa hidup, yakni melihat atlet binaannya meraih medali emas Olimpiade. Hal itu diungkapkan Bob Hasan saat kembali menjadi Ketua Umum PB PASI untuk kesekian kali pada 2016.

BACA JUGA: Kiprah Bob Hasan di Olahraga, Dedikasi kepada PB PASI dan Sempat Jadi Anggota IOC

"Target kita adalah bisa meraih medali emas di Olimpiade. Kita punya banyak calon-calon, tapi harus kerja keras, dan mudah-mudahan kita bisa mendapatkan medali di Olimpiade," kata Bob Hasan saat itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Tanda-tanda ke arah sana sebenarnya sudah terlihat. Pada 2018, Indonesia merebut medali emas nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang digelar di Finlandia atas nama Lalu Muhammad Zohri.

BACA JUGA: Prestasi Atletik Indonesia di Bawah Kepemimpinan Bob Hasan

Zohri saat ini pun sudah dipastikan ambil bagian di Olimpiade Tokyo yang digelar di Jepang pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Berhubung Zohri masih berusia 19 tahun, masih ada kesempatan bagi sprinter kelahiran Lombok itu untuk menunaikan keinginan mendiang Bob Hasan suatu hari nanti.

Selain menjabat sebagai Ketua Umum PB PASI, Bob Hasan sempat menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam kurun 1994-2004. Hal itu menunjukkan Bob Hasan begitu disegani, tak hanya di olahraga lokal, namun juga internasional.

BACA JUGA: Atlet-Atlet Terbaik Indonesia di Era Kepemimpinan Bob Hasan

Karena itu, Bob Hasan bisa dikategorikan pahalwan olahraga nasional atas sumbangsih yang telah diberikan. Selamat jalan Bob Hasan, perjuanganmu selama ini di bidang olahraga takkan pernah dilupakan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini