Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efek Negatif Malas Mandi Sore

Agustina Wulandari , Jurnalis · Rabu 08 April 2020 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 620 2196335 efek-negatif-malas-mandi-sore-csNhN7yOSf.jpg

BERAKTIVITAS seharian tentunya membuat badan berkeringat, kotor, dan menimbulkan aroma tak sedap. aktivitas di rumah ini tentu membuat kita juga berkeringat.

Mandi menjadi solusi mengurangi penat di akhir aktivitas. Tetapi tak jarang orang melupakan mandi saat sore hari. Padahal banyak akibatnya negatif kalau tidak menyempatkan diri buat mandi sore.

1. Timbul bau badan tak sedap

Aktivitas manusia selalu menimbulkan reaksi jaringan tubuh untuk memproduksi keringat. Tumpukan keringat di badan menimbulkan aroma yang tak sedap jika dibiarkan lama menumpuk di kulit.

Please, jangan biasakan keadaan ini hingga barlarut-larut. Bau badan tak sedap bisa bikim orang sekitarmu tak ada yang mau mendekat.

(Baca Juga: Kehidupan Mewah Bunga Zainal, Doyan Minum Wine Bareng Suami)

2. Badan gatal

Tentunya badan yang berkeringat dipenuhi bakteri yang menempel pada kulit. Kotoran yang menempel itu menimbulkan rasa gatal. Mandi sore sangat disarankan agar kuman dan bakteri yang menempel pada kulit dimusnahkan.

3. Susah tidur

Melewatkan mandi sore dapat memicu sulit tidur. Dikutip dari The New York Times, dokter Janet K. Kennedy mengungkapkan bahwa mandi bisa menetralkan suhu tubuh yang panas sehingga tubuh rileks dan ingin cepat tidur.

(Baca Juga : Bahagianya Farah Quinn Piknik Cantik di Halaman Rumah Mewahnya)

Setelah beraktivitas namun melewatkan mandi sore, maka kemungkinan bakal mengalami sulit tidur.

3. Mudah stress dan depresi

Otot-otot saraf yang aktif bekerja seharian butuh relaksasi. Mandi sore menjadi cara untuk merelaksasi saraf yang tegang.”Rutinitas mandi sore bukan cuma membersihkan keringat, tetapi juga dapat menyegarkan diri, ” ujar dokter Kennedy.

4. Menimbulkan sumber penyakit akibat kuman

Lupa atau malas mandi sore ternyata menyebabkan sumber penyakit berpindah ke area kamar tidur. Sebenarnya ada kuman yang menempel di sekujur tubuh yang belum sempat dibersihkan dengan cara membasuh badan.

(Baca Juga : Humor Gus Dur, Alasan Ganti Nama Irian Jaya)

Menurut dokter kulit Gary Goldenberg dalam The New York Times, mandi yang dilakukan sebelum tidur bisa menjaga kebersihan seprai dan bantal. Apalagi saat sekarang di tengah menyebarnya pandemi, pola hidup sehat dan bersih wajib kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, itulah yang perlu kita ketahui tentang efek negatif bila kita melewatkan mandi sore. Upayakan hidup bersih dan teratur dengan melakukan mandi di sore hari.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini