Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Manfaat Buah Kurma yang Banyak Dijual Jelang Puasa Ramadhan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 620 2200864 7-manfaat-buah-kurma-yang-banyak-dijual-jelang-puasa-ramadhan-GlMVh3NmZh.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Menjelang puasa Ramadhan, buah kurma mulai banyak dijual di supermarket dan toko-toko makanan. Orang pun mulai cari tahu manfaat buah kurma.

Para peneliti menyatakan, seseorang yang rutin mengonsumsi buah kurma, mampu meningkatkan imunitas tubuhnya.

Imunitas tubuh yang baik akan membuat tubuh mudah melawan virus, termasuk corona COVID-19. Buah kurma ternyata juga tak kalah nutrisinya bila dibanding dengan buah-buahan yang mengandung vitamin C, misal jambu merah, jeruk, nanas atau pepaya sekalipun.

Kurma bahkan mulai diburu banyak orang menjelang puasa Ramadan. Mengingat sunnah Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan untuk buka puasa dengan tiga buah kurma dan air putih.

Baca Juga: Coba Makan Kurma 3 Kali Sehari Dalam Sepekan, Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh 

Tahukah kamu? Kurma adalah buah dari pohon kurma, yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Pohon kurma sendiri banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah. Sedangkan di negara-negara Barat atau non Timur Tengah, kurma dijual sebagai dried fruit.

Adapun jenis kurma sangat beragam. Jika dilihat dari kulitnya saja ada yang merah terang hingga kuning cerah. Sementara itu, Medjool dan Deglet Noor Date adalah varietas yang paling umum dikonsumsi.

Kurma juga identik dengan rasa kenyal dan manis. Dilansir dari Healthline, Okezone akan membahas 7 manfaat kurma berdasarkan penelitian para ahli. Simak dulu yuk ulasannya!

Artikel ini akan membahas 7 manfaat kesehatan dari makan kurma dan bagaimana memasukkannya ke dalam diet Anda.

Baca Juga: Wajib Tahu Efek Samping dan Manfaat Kurma Bagi Kesehatan 

1.Sangat bergizi dan tinggi kalori

Kurma cenderung menjadi dried fruit. Kandungan kalorinya lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, misal kismis. Selain itu, para ahli juga menyebut kurma mengandung serat, vitamin, mineral penting, serta sedikit protein.

2.Kurma kaya serat

Satu buah kurma mengandung 7 gram serat, maka tak heran jika kurma menjadi menu diet sehat. Seperti kita tahu, serat sangat dibutuhkan untuk memperlancar sistem pencernaan.

Bahkan dalam sebuah penelitian 4Trusted Source, 21 orang yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari, selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan tidak mengalami sembelit.

Selain itu, serat yang dikandung oleh kurma juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Karena kurma memiliki indeks glikemik rendah.

3.Kaya antioksidan

Buah kurma juga kaya antioksidan yang dapat menangkal berbagai macam penyakit. Termasuk saat virus corona COVID-19 menyerang tubuh. Menurut 7Trusted Source, antioksidan fungsinya dapat melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas. Sehingga dengan rutin konsumsi kurma maka dengan mudah Anda bisa mencegah penyakit.

Adapun antioksidan yang dikandung oleh buah kurma antara lain:

Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan mencegah kanker.

Karotenoid: Karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.

Asam fenolik: Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

4.Mencegah alzheimer

Studi laboratorium 13Trusted Source menemukan bahwa buah kurma bermanfaat menurunkan penanda inflamasi. Ini dikaitkan dengan pencegahan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi, misal Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurma bermanfaat mencegah plak di otak. Saat plak otak menumpuk, maka akibatnya akan mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang memicu Alzheimer.

Baca Juga: 6 Buah dalam Alquran, Nomor 5 Obat Racun

5.Pengganti gula pasir

Manisnya kurma dibandingkan gula pasir jauh lebih sehat loh, Okezoners! Karena buah kurma juga menjadi sumber fruktosa. Fruktosa merupakan jenis gula alami yang ada di dalam buah.

Manisnya rasa alami kurma yang biasa Anda konsumsi tentu sangat baik untuk kesehatan. Namun manisnya buah kurma yang baik itu tidak terlalu berlebihan ya! Nah, kurma yang manisnya alami itu memiliki rasa seperti karamel yang lembut di mulut.

Dalam berbagai resep makanan atau minuman, cobalah memblender kurma dengan air dengan perbandingan 1 cup kurma dan 1 gelas air. Sangat nikmat rasanya jika diminum untuk berbuka puasa nanti.

6.Meningkatkan kesehatan tulang

Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Berdasarkan 21Trusted Source, nutrisi tersebut sangat baik meningkatkan kesehatan tulang, mencegah osteoporosis.

7.Camilan sehat saat diet

Butuh camilan saat diet sehat? Kurma dapat menjadi variasi menu camilan sehatmu, Okezoners. Kurma juga cocok dipasangkan dengan makanan lain, seperti almond, selai kacang atau keju. Kamu bahkan dapat berkreasi membuat snack bar dari oatmeal, kurma atau kacang-kacangan. Camilan sehat ini tentunya cocok dimakan kapanpun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini