Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mengatur Jadwal Kerja Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 20 April 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 620 2201841 cara-mengatur-jadwal-kerja-jarak-jauh-saat-pandemi-covid-19-gdY0QZf5e5.jpg Motivator Meery Riana memberikan tips di BNPB/Foto: Sosmed BNPB

JAKARTA - Pandemi Covid-19 atau virus corona di Indonesia membuat perusahaan menerapkan sistem Work From Home (WFH) bagi karyawannya. Para pekerja harus tetap produktif, meski bekerja di rumah selama wabah corona atau covid-19.

Motivator Meery Riana menjelaskan, masyarakat bisa memanfaatkan teknologi agar tetap produktivitas. Misalnya, rapat rutin menggunakan teleconfrence atau teleworking.

"Situasi saat ini membuat ruang gerak terbatas. Untuk itu, poin pertama teleconfrence teleworking. Hal itu di awal tidak nyaman, tapi kami tahu hanya sementara, jadi kita adaptasi," kata Merry dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB Jakarta, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Dua Gadis CIlik Sumbangkan Celengan Pink untuk Tangani Corona

Penulis buku mimpi sejuta dollar itu merincikan, ada tujuh cara mengatur jadwal teleworking atau kerja jarak jauh saat pandemi Covid-19.

Pertama, mengatur jadwal rapat mulai dari waktu dan agenda pertemuan tatap muka jarak jauh tersebut. "Kenapa agenda menjadi penting, karena kita harus ada pembahasan dan solusi sesuai dengan agendanya," ujar Merry.

Kedua, persiapkan materi yang akan dibahas. Ketiga persiapka peralatan pendukung untuk melakukan teleconfrence atau teleworking.

Baca juga: Tenaga Medis Garda Paling Belakang Penanganan Pandemi Corona

"Hardware bisa menggunakan laptop, komputer, handphone, dan audio. Kemudian apakah dibutuhkan mic ekstra atau software jenis apa yang digunakan. Yang pati, jaringan internet signalnya kuat," ucap Merry.

Keempat, menyiapkan tempat melakukan teleconfrence yang nyaman dan kondusif. Kelima, mengenakan pakaian yang nyaman.

"Pakaian juga harus nyaman dan rapih walaupun di rumah. Harus bangun mood seperti di kantor, jangan dasteran doang," tutur Merry sembari berkelakar.

Baca juga: PSBB di Jakarta: 25 Perusahaan Ditutup & 190 Lainnya Diberi Peringatan

Keenam adalah, time management. Dalam meeting harus ada opening, presentasi, question and answer, diskusi, dan melahirkan konklusi. Ketujuh, apa langkah selanjutnya kapan rapat berikutnya.

(fmh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini