Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Manfaat Memasak Bagi Kesehatan Mental Selama Physical Distancing

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Kamis 23 April 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 620 2203988 6-manfaat-memasak-bagi-kesehatan-mental-selama-physchal-distancing-XueXUufO2p.jpg Manfaat Masak (Foto: Playbuzz)

Di masa karantina physical distancing sekarang ini media sosial dipenuhi dengan kreasi olahan masakan warganet, mulai dari memasak makan ringan hingga makanan berat.

Selain mengisi waktu di rumah, kegiatan memasak membuat fisik lebih sehat dalam pemenuhan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tapi selain itu, memasak juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Gak percaya? berikut enam manfaat memasak bagi kesehatan mental selama physchal distancing, dikutip dari laman Bustle:

1. Memberikan reward pada diri sendiri

Kegiatan memasak menyajikan dua aspek berbeda untuk kesehatan mental yaitu aktivitas memasak dan hasil masakannya. Manfaat dari proses memasak adalah sebagian fakta bahwa itu menghasilkan makanan lezat - "hadiah" yang baik. Hidangan yang lezat juga menjadi bukti nyata bahwa Anda telah melakukan karya yang nyata.

(Baca Juga : Hukum Niat Puasa Ramadhan Dibaca Satu Kali Saja dalam Sebulan)

Memasak memberikan sesuatu yang nyata dari usaha sendiri. Secara psikologi, hal ini dikenal dengan behavioral activation atau aktivasi perilaku. Saat memasak selesai, seseorang akan merasa senang dan bangga dengan melihat hasil pekerjaannya. Hal ini akan merangsang efek positif bagi tubuh.

2. Meningkatkan Kreatifitas

Memasak melibatkan proses menyiapkan bahan lalu mencampurkannya untuk mendapatkan makanan yang nikmat. Proses ini tidak menimbulkan kecemasan, melainkan meningkatkan fokus dan kreativitas.

(Baca Juga : Mengejutkan, Raja Salman Mengizinkan Sholat Tarawih di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi)

Studi pada 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology menunjukan proses memasak memicu meningkatkan kreatifitas dan rasa bahagia pada orang yang melakukannya. Memasak memberi Anda kesempatan untuk bereksperimen di dapur dan menemukan bagaimana masing-masing bahan berperan dalam hidangan yang nantinya disajikan.

3. Meditasi

Memasak membuat Anda merasa lebih tenang? Tentu, memasak juga bermanfaat sebagai proses meditasi. Saat pikiran suntuk dan dipenuhi hal-hal negatif seperti kekhawatiran dan ketakutan, memasak dapat meredakan ketegangan.

(Baca Juga : Artis Mualaf! Hati Tenang Setelah Bersyahadat)

Hal sederhana dalam proses memasak seperti memotong daging dan sayuran ternyata bisa membawa ketenangan. Sebab dengan memasak seseorang akan lupa waktu dan lebih fokus dengan apa yang sedang dikerjakan. Saat memasak, otak dan tangan akan fokus untuk membuat makanan, sehingga pikiran negatif akan teralihkan.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Kegiatan memasak adalah perawatan diri yang paling mendasar dan bergizi," Meg Bowman, ahli gizi klinis di Nourish Integrative Solutions, mengatakan kepada Bustle. "Itu adalah alkimia, Anda mengambil bahan dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lezat yang memberi makanan bagi tubuh dan jiwa."

Sebuah studi pada tahun 2018, terapi memasak memberikan pengaruh positif pada kehidupan mulai dari sosialisasi, harga diri, dan kualitas hidup.

Saat memasak, Anda dapat meningkatkan hubungan personal dengan membicarakan resep. Makanan yang dihasilkan juga dapat membuat Anda menjalin dan merekatkan hubungan serta memulai komunikasi dengan orang lain.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Para pakar kesehatan mental menekankan bahwa nutrisi yang baik adalah sebuah aspek paling dasar untuk menjaga kesehatan otak. Memasak dan membuat kue mengajarkan seseorang untuk lebih peduli dengan apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh. Kesehatan otak memengaruhi kesehatan mental, proses memasak merangsang sel-sel otak tetap aktif sehingga dapat mencegah penyakit Alzheimer.

(Baca Juga : Masih Ada Sholat Jumat di Masjid, Masyarakat Diminta Patuhi Fatwa MUI)

Memasak juga membuat seseorang lebih sadar terhadap apa yang dikonsumsi dan kebersihan pun lebih terjaga sehingga baik untuk kesehatan secara menyeluruh.

6. Menghemat Pengeluaran

Jamie McNally, seorang profesor psikologi mengatakan"memasak di rumah cenderung menghemat uang, dan dapat berdampak positif pada situasi keuangan seseorang secara keseluruhan."

Jamie menambahkan, masalah keuangan pada umumnya akan memperburuk kesehatan mental dan hubungan seseorang. “Hal ini bisa dilihat pada konflik yang ada dalam rumah tangga sering kali dipicu oleh masalah finansial. Memasak merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghemat pengeluaran,” kata Jamie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini