Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vegan dan Vegetarian, Sama Tapi Beda

Karina Asta Widara , Jurnalis · Kamis 30 April 2020 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 620 2207059 vegan-dan-vegetarian-sama-tapi-beda-nVUnCtU9JG.JPG Makanan Vegetarian (Foto: Times of India)

DUA istilah, vegan dan vegetarian, kerap menimbulkan salah persepsi. Meski pelakunya sama-sama tidak mengonsumsi produk olahan hewani, kedua istilah tadi berbeda implementasinya.

Pola makan vegan adalah gaya hidup atau pola makan tanpa mengonsumsi produk hewani dan turunannya, seperti daging, ikan, susu, telur, madu, dan produk turunan hewani lainnya.

Fakta lain yang paling menarik tentang pola makan vegan juga membantu penurunan berat badan yang efektif sehingga banyak orang memilih untuk mengadopsi gaya hidup vegan untuk mendapatkan hasil penurunan berat badan berkelanjutan.

Makanan vegetarian

Meski penganut vegan dan vegetarian sama-sama tidak menikmati makanan berbahan daging, tetapi penerapannya berbeda. Vegan lebih ketat dibandingkan vegetarian. Kini banyak selebritas lebih memilih gaya hidup vegan karena vegetarian dianggap hasilnya kurang efektif bagi tubuh.

Dan ternyata ada banyak jenis gaya hidup vegan dan vegetarian yang bisa diikuti lho! Mau tahu apa saja? Simak penjelasannya yang dilansir dari laman Timesofindia berikut ini.

(Baca Juga : 3 Akun Instagram Veggie Inspirasi Diet Sambil Makan Enak)

Menu vegan nikmat

Diet Vegan

Orang yang melakukan diet jenis ini memilih untuk menghindari produk hewani dan mulai mengonsumsi sumber protein nabati sebagai asupan makanan.

Whole-food vegan

Merupakan sebutan untuk pengonsumsi makanan kaya protein utuh, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Fast Food Vegan

Beberapa orang yang bergantung pada makanan vegan olahan, seperti kedelai yang diolah seperti daging , kentang goreng, dan makanan penutup seperti kue dan es krim non-susu.

(Baca Juga : Pola Makan Vegetarian Bikin Kekuatan Ereksi Pria Meningkat 500 Persen?)

Sedangkan vegetarian adalah orang yang tidak mengonsumsi sumber protein hewani untuk makanan. Namun penganutnya masih menoleransi produk dari hewan seperti susu, madu, dan telur. Mereka juga masih mau menggunakan produk sandang hewani, seperti sutra, wol, kulit, dan lainnya.

(Baca Juga : Siap Lawan COVID-19, Gantengnya Dokter Ayman Alatas Mirip Zayn Malik Loh)

Seseorang yang memilih menjadi vegetarian biasanya karena alasan agama yang melarang penganutnya makan daging hewan tertentu, seperti sapi. Menjadi vegetarian tidak seketat vegan dan jenisnya banyak pula.

Ovo vegetarian

Mereka yang mengonsumsi telur, tetapi tidak memilih produk susu atau daging sebagai asupannya.

Lacto Vegetarian

Pengonsumsi produk susu, tetapi makan tidak telur dan produk dari daging.

Lacto-ovo Vegetarian

Bisa mengonsumsi produk susu dan telur, tetapi menghindari semua jenis daging.

Semi-vegetarian

Penganutnya makan daging sesekali.

Pescatarian

Mereka yang mengonsumsi ikan dan jenis makanan laut lainnya, tetapi tidak makan produk daging. Orang-orang ini juga disebut sebagai semi-vegetarian.

(Baca Juga : Humor Gus Dur: Ingin Jadi Wali, Gitu Aja Kok Repot!)

Dari penjelasan tadi bisa dibilang seorang vegan pastilah seorang vegetarian, namun, seorang vegetarian bukanlah seorang vegan. Yang pasti, baik vegetarian dan vegan harus memastikan bahwa mereka mengonsumsi makanan kaya vitamin B12 kompleks untuk pemenuhan nutrisi tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini