Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Keutamaan Membaca Doa Qunut di Pertengahan Ramadhan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 620 2211058 5-keutamaan-membaca-doa-qunut-di-pertengahan-ramadhan-LjT8521ixA.jpg ilustrasi: shutterstock
A A A

SAAT pertengahan Ramadhan, di sejumlah masjid biasanya sholat tarawih dilengkapi dengan membaca qunut witir. Qunut witir maksudnya adalah doa qunut yang dibaca pada rakaat terakhir dalam sholat witir. Sebagian besar para ulama, khususnya empat madzhab sepakat bahwa qunut witir hukumnya adalah sunah. Oleh karena itu, bagi yang membacanya maka akan mendapatkan tambahan pahala.

Baca juga: Adzan Berkumandang di Australia, Warga Kaget Sampai Pengendara Mobil Berhenti

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, membaca doa qunut (semua jenis qunut) memiliki keutamaan di dalamnya. Terlebih saat bulan Ramadhan, maka terdapat banyak kebaikan di dalamnya.

“Keutamaan membaca doa Qunut sangat luas dan komplit, segala hajat dan kebutuhan sebagai seorang manusia disebutkan dalam kalimat doa Qunut,” katanya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Baca juga: 10 Referensi Nama Bayi Perempuan yang Manis

Keutamaan yang pertama kata dia adalah, agar selalu memperoleh petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Kedua, agar tetap diberikan dan dilimpahkan kesehatan jasmani dan rohani, ketika Allah memberikan kesehatan maka penyakit apapun tidak akan berpengaruh, sebab jasmani dan rohani dalam penjagaan Allah.

“Ketiga, selalu dalam perlindungan Allah Ta’ala dari segala ancaman, mara bahaya, baik Fisik maupun metafisik dalam naungan penjagaan Allah,”sambungnya .

Sedangkan yang keempat, akan senantiasa dilimpahkan, maghfirah, ampunan Allah, dibersihkan dari dosa, kenikmatan husnul khatimah ketika mati.

“ Dan yang kelima, dikaruniai rahmat, keberkahan hidup, kemuliaan, dan Istiqomah dalam do'a curahan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad beserta para keluarga dan sahabat-sahabatnya( harapan syafa'at Nabi kelak diyaumul Qiyamah),” bebernya.

Makna Qunut juga bisa ditemukan di dalam Alquran:

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

Artinya: "Peliharalah semua sholat(mu), dan (peliharalah) sholat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusyuk." (QS. Al-Baqarah:238)

Lebih lanjut, kata Ustadz Ainul Yaqin, qunut dalam sholat witir yang dilakukan di rakaat ke tiga sebelum rukuk pada setiap sholat sunah. Selain itu, bisa juga dilakukan pada akhir Sholat Witir setelah rukuk khususnya pada separuh kedua bulan Ramadhan.

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut ini adalah bacaan qunut witir:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ، وَنَسْتَهْدِيكَ، وَنَسْتَغْفِرُكَ، وَنَتُوبُ إِلَيْكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ، وَنَتَوَكَّل عَلَيْكَ، وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ، نَشْكُرُكَ وَلاَ نَكْفُرُكَ، اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ، وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ، وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ، نَرْجُو رَحْمَتَكَ، وَنَخْشَى عَذَابَكَ، إِنَّ عَذَابَكَ الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ، اللَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنَا فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ، إِنَّكَ تَقْضِي وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِل مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِعَفْوِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ، وَبِكَ مِنْكَ، لاَ نُحْصَى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami bermohon pertolongan Mu, kami memohon petunjuk dari Mu, kami meminta ampun kepada Mu, kami beriman kepada Mu, kami berserah kepada Mu dan kami memuji Mu dengan segala kebaikan, kami mensyukuri dan tidak mengkufuri Mu.

Ya Allah, Engkau yang kami sembah dan kepada Engkau kami shalat dan sujud, dan kepada Engkau jualah kami datang bergegas, kami mengharap rahmat Mu dan kami takut akan azab Mu kerana azab Mu yang sebenar akan menyusul mereka yang kufur.

Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Selamatkanlah kami dalam golongan orang-orang yang Engkau telah pelihara. Uruslah kami di antara orang-orang yang telah Engkau urus. Berkahilah kami dalam segala sesuatu yang Engkau telah berikan.

Hindarkanlah kami dari segala bahaya yang Engkau telah tetapkan. Sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan bukan yang ditentukan. Sesungguhnya tidak akan jadi hina orang yang telah Engkau lindungi. Engkau wahai Rabb kami adalah Maha Mulia dan Maha Tinggi.

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari ancaman-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagai-mana yang Engkau sanjungkan pada Diri-Mu."

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini