Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepedulian Sosial Justru Meningkat saat Pandemi COVID-19, Ini Buktinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 620 2212254 kepedulian-sosial-justru-meningkat-saat-pandemi-covid-19-ini-buktinya-IljYTIbLsJ.jpg
A A A

Pandemi COVID-19 tidak seharusnya membuat kita jadi membatasi jarak pada kepedulian sosial terhadap orang-orang di sekitar kita. Ibadah puasa di bulan Ramadhan dapat menjadi sarana melatih diri mengendalikan hawa nafsu yang juga bertujuan memupuk kepedulian bagi sesama umat manusia.

Guru Besar bidang Psikologi Islam dari Universitas Negeri Islam (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta, Prof. Dr. H. Achmad Mubarok M.A., mengatakan di tengah pandemi COVID-19 ini masyarakat justru semakin meningkat kepedulian sosialnya. Ini sudah terbukti dengan terjadinya fenomena bagi-bagi makanan di jalan.

“Memberikan makanan kepada orang-orang telah menjadi fenomena kekinian, di pinggir jalan, di mana-mana. Hal ini bisa terjadi karena lebih kepada spontanitas masyarakat yang bangkit kepeduliannya terhadap sesana. Makanya banyak yang melakukan itu justru dari perorangan atau pribadi,” ujarnya.

Lebih lanjut pria kelahiran Purwokerto 15 Desember 1945 itu mengungkapkan selain dari perorangan, bantuan juga ada dari berbagai kelompok, organisasi kemasyarakatan hingga partai politik.

Achmad Mubarok menjelaskan bantuan swadaya dari masyarakat ini yang sebenarnya membuat daya tahan masyarakat dapat bertahan di situasi krisis untuk sementara waktu.

(Baca Juga : Heboh Bajaj Bajuri Prediksi COVID-19 17 Tahun Lalu, Ini Faktanya)

“Kalau pemerintah sendiri saja misalnya masih kuwalahan untuk mendistribusikan bahan makanan, Misalnya bantuan ke RT yang dibutuhkan ada 100 tapi yang diterima cuma 50 box. Itu kan bagi aparat setempat menjadi berat karena yang membutuhkan jumlahnya jauh lebih banyak. Karena itu penting sekali adanya bantuan dari kalangan masyarakat baik pribadi, organisasi maupun kelompok,” katanya.

Lantaran itu, dia menyampaikan apresiasi terhadap bantuan spontanitas dari masyarakat yang bahkan dilakukan tanpa diimbau oleh pemerintah atau pihak manapun. Karena hal ini sejatinya merupakan ciri khas bangsa Indonesia.

“Saya kira seruannya mungkin justru adalah ucapan terima kasih kepada mereka. Jangan malah menganggap belum memberikan bantuan karena belum ada imbauan. Karena kepedulian sosial dari masyarakat Indonesia ini sudah cukup tinggi dan mereka sadar kalau hal itu dilakukan sendiri oleh pemerintah tentunya tidak akan sanggup. Ini juga merupakan semangat gotong royong yang dimiliki masyarakat bangsa ini,,” ungkapnya.

(Baca Juga : Tak Perlu Malu, Ini Waktu yang Tepat dan Manfaat Menangis)


Menurut Prof. Achmad Mubarok, pandemi COVID-19 ini dampaknya paling berat dirasakan masyarakat ekonomi lemah. Karena orang yang biasanya bekerja dengan rutin, sekarang menjadi tidak bisa bekerja atau diberhentikan dari tempat kerjanya. Apalagi kalau mereka ini adalah para pekerja di sektor informal dengan upah harian.

“Bisa dibayangkan orang yang biasanya kerja dengan upah harian untuk kehidupannya lalu tiba-tiba dia tidak kerja, tentu dampaknya sangat luar biasa berat. Tetapi yang penting sesungguhnya sepanjang situasi negara ini aman, damai dan tidak ada kriminalitas yang terlalu parah masyarakat masih bisa melalui itu semua karena solidaritas kemanusiaanya untuk membantu antar sesama manusia-nya muncul,” ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Hal ini menurutnya juga terjadi lantaran dalam bulan Ramadhan ini, puasa yang dilakukannya paling tidak juga membuat orang nafsunya menjadi tidak berkobar-kobar sehingga dapat meminimalkan terjadinya hal-hal yang bisa merugikan semuanya seperti kerusuhan.

“Selain itu selama bulan puasa ini secara swadaya masyarakat biasanya mengirimkan makanan untuk buka dan sahur di masjid lalu juga untuk masyarakat kurang mampu disekitarnya. Jadi Insya Allah puasa itu meredakan potensi konflik di masyarakat,” jelasnya.

Selain ibadah puasa di bulan Ramadhan, Achmad Mubarok juga menyebutkan adanya kewajiban melakukan zakat saat Ramadhan berlangsung. Dari pengalaman dirinya zakat apalagi zakat fitrah itu biasanya terserap untuk masyarakat kurang mampu di sekitar.

(Baca Juga : Rajin Sikat Gigi Dapat Cegah Penularan COVID-19) 


“Tapi mungkin karena kejadian pandemi COVID-19 ini jumlah yang bisa bayar zakat bisa jadi berkurang. Seperti zakat ke lembaga nasional seperti Baznas dan lainnya itu mungkin berkurang sekarang ini karena orang biasanya zakat mungkin juga terkena dampak dari pandemi COVID ini,” ujarnya.

Dengan kondisi masyarakat yang seperti itu, maka dirinya mengaku memaklumi adanya kekurangan dari pemerintah dalam penanganan wabah COVID-19 ini karena memang menurutnya hal ini cukup berat.

“Saya sendiri memaklumi kekurangan dari pemerintah dalam penanganan COVID ini, karena harus diakui ini sangat berat. Sepanjang jangan dipolitisir kebijakannya dan jangan kemudian pemerintah juga mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menimbulkan keresahan di masyarakat,”katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini