Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Warga Sholat Id Berjamaah di Masjid Agung Sleman

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 620 2218943 ratusan-warga-sholat-id-berjamaah-di-masjid-agung-sleman-ZY2PuQ1tX0.jpg Sholat Id di Masjid Agung Sleman. (Foto: Harian Jogja)
A A A

SLEMAN - Ratusan orang mengikuti Sholat Idul Fitri berjamaah di Masjid Agung Wahidin Sudirohusodo, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Minggu (24/5/2020).

Jamaah datang mengenakan masker dan membawa alat sholat sendiri-sendiri. Sebelum memasuki masjid, mereka dicek suhu badannya oleh takmir. Sementara, shaf antar jemaah pun diatur dengan jarak sekitar 1,5 meter.

Lantaran dibuat berjarak, kapasitas masjid tidak dapat menampung seluruh jamaah yang datang sehingga sejumlah orang harus salat di trotoar dan tanah lapang. Sholat Id ini dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Seusai sholat yang diimami oleh imam salat Charis Thohari, dilanjutkan dengan khotbah oleh akademisi UIN Sunan Kalijaga Jogja, Prof. Abdul Mustakim.

Salah satu yang mengikuti Sholat Id berjmaah ini ialah Ning (60), warga Desa Sumberadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Dia mengikuti Sholat Id di Masjid Agung Sleman lantaran Sholat Id berjemaah yang biasa ia ikuti di Lapangan Denggung kali ini ditiadakan.

(Foto: Freepik)

"Sholat Id ini enggak seramai biasanya yang di Lapangan Denggung. Ini juga saya baru tahu tadi pagi," kata dia yang datang bersama suami dan anaknya.

Takmir Masjid Agung Sleman, Agaerul mengatakan tetap mengadakan sholat jamaah untuk memfasilitasi warga sekitar. "Kami memfasilitasi jamaah yang kurang mantap melaksanakan sholat di rumah, khususnya warga di sekitar masjid. Alhamdulillah dihadiri sekitar 600 orang jamaah, tidak banyak, ini menunjukkan kesadaran mereka untuk melaksanakan salat di rumah sudah tinggi," katanya.

Bupati Sleman, Sri Purnomo tidak mengikuti salat berjamaah di Masjid Agung Sleman ini. Dalam akun Twitter, ia mengunggah foto pelaksanaan Sholat Id berjamaah antara keluarganya yang dilakukan di pendopo rumah dinas bupati.

"Alhamdulillah pagi ini menjadi imam dan khotib sholat Idul Fitri di pendopo Rumah Dinas bersama keluarga," tulisnya melalui akun pribadinya @SriPurnomoSP.

Follow Berita Okezone di Google News

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini