Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dokter Ahli Urologi Jadi Whistleblower Virus Corona Wuhan Meninggal Dunia

INews.id, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 620 2223298 dokter-ahli-urologi-jadi-whistleblower-virus-corona-wuhan-meninggal-dunia-Csi1GTPp5n.jpeg (Foto: Standard.co.uk)

WUHAN - Dokter di Kota Wuhan, China yang menjadi whistleblower kasus virus corona di negara itu meninggal dunia, dikutip inews. Dokter tersebut ialah Hu Weifeng, ahli urologi dari RS Pusat Wuhan.

Ia meninggal pada Jumat pekan lalu setelah menjalani perawatan selama 4 bulan terakhir akibat Covid-19 serta penyakit lain, seperti dilaporkan stasiun televisi CCTV.

Hu juga menjadi dokter keenam di RS Pusat Wuhan yang meninggal akibat terinfeksi virus corona.

Rumah Sakit Pusat Wuhan belum memberikan pernyataan resmi terkait meninggalnya Hu.

Kondisi Hu sempat menjadi perhatian nasional setelah media China merilis foto-foto kulit pria itu berubah menjadi hitam karena kerusakan fungsi lever.

Bukan hanya Hu, rekannya yakni Yi Fan juga mengalami kondisi yang sama, namun sudah sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Hu merupakan rekan dekat Li Wenliang yang meninggal pada Februari. Keduanya bertugas di rumah sakit yang sama, namun berbeda spesialisasi.

Kematian Li memicu kemarahan masyarakat terhadap pemerintah. Li dan kawan-kawan melaporkan temuan kasus penyakit mirip SARS yang menerjang China pada 2002-2003, namun mereka justru dipanggil polisi atas tuduhan membuat resah publik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini