Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

New Normal, Pengusaha Minta Stimulus Tarif Listrik dan Gas

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 620 2223436 new-normal-pengusaha-minta-stimulus-tarif-listrik-dan-gas-lV6USnRPZY.jpg Gas industri (Reuters)
A A A

JAKARTA - Pemerintah berencana membuka kembali aktivitas bisnis dengan protokol kesehatan yang ketat. Tak terkecuali juga pada sektor industri yang sempat berhenti aktivitasnya akibat virus corona.

Wakil Komite Tetap Industri Hulu dan Petrokimia Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Achmad Widjaja mengatakan menghadapi new normal, pemerintah perlu menyiapkan juga stimulus energi. Misalnya adalah dengan memberlakukan tarif spesial atau satu harga kepada industri.

 Baca juga: Pengusaha Ingin Karyawan yang Kena PHK Kembali Kerja, Asal....

"Normal baru bagi seluruh industri harus ada stimulus yang tegas, contoh PLN yang disebut ada beban puncak, sampai sejauh mana beban puncak ditetapkan lagi," ujarnya dalam acara live IDX Channel di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

 

Selain itu lanjut Achmad, pengusaha juga meminta stimulus untuk gas industri. Misalnya dengan memberikan stimulus selama industri masih belum melakukan produksi 100%.

 Baca juga: New Normal, Menteri Suharso Nyatakan Bukanlah Hal yang Rumit

"Sama juga dengan energi, apakah ada stimulus bagi industri yang tidak melakukan produksi 100%, sekarang kita 50,60, 70% dan menuju 100%. Kondisi dari PGN apakah masih bisa menerapkan minimun charge," jelasnya.

Menurut Achmad, subsidi energi ini sangat penting dan bisa menjadi nafas baru bagi industri untuk kembali recovery di tengah pandemi. Namun dirinya berpesan agar realisasinya harus dikawal agar dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Perbankan sudah membuka relaksasi, energi juga harus ikut campur," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini