Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Fakta, Viral Minyak Kayu Putih Sembuhkan Covid-19 di WhatsApp Group

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 620 2230103 cek-fakta-viral-minyak-kayu-putih-sembuhkan-covid-19-di-whatsapp-group-MqvQ799u5x.jpg Ilustrasi. (Freepik)

PESAN berantai di WhatsApp terkait Covid-19 menyebar luas. Dalam informasi tersebut, dikatakan bahwa minyak kayu putih bisa sembuhkan Covid-19.

Tidak hanya itu, pembuat informasi pun meminta agar masyarakat tidak gampang takut terhadap virus corona. Dikatakan di sana, karena pada kenyataannya penyakit ini mudah di atasi dan obatnya gampang didapatkan.

Mengetahui informasi tersebut, Okezone langsung mencari tahu fakta sebenarnya dari kabar itu. Dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, dipastikan informasi tersebut hoaks.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir Adakan Resepsi Pernikahan, Asal Terapkan Protokol Kesehatan Ini

mnyk

Sebab, dari awal pesannya saja sudah berisi kabar bohong, jadi dipastikan isi dari keseluruhan pesan berantai WhatsApp itu tidak benar. Kalimat tersebut ialah, 'Mulai sekarang jangan mau ditakut-takuti Covid-19 dan jangan keburu mau dites'.

"Statement awalnya saja sudah menyesatkan. Kalau statement awal sudah sesat, isinya apalagi. Informasi ini tentu tidak benar. Ini kabar hoax," tegasnya saat ditanya Okezone, Senin (15/6/2020).

Dalam pesan tersebut, juga terlampir sebuah testimoni yang menyatakan bahwa minyak kayu putih berhasil menyembuhkan pasien Covid-19. Minyak tersebut berhasil membuat dada pasien lega dan sesak napas pun teratasi.

Mengenai hal tersebut, dr Indah menjelaskan, tidak bisa kemudian sebuah informasi hanya datang dari testimoni tunggal, terlebih tanpa dasar yang kuat. "Informasi ini sangat menyesatkan," sambungnya.

Dokter Indah berharap agar masyarakat tidak mudah memercayai informasi yang tersebar di WhatsApp tanpa ada bukti atau sumber yang jelas. Dengan begitu, Anda tidak akan dirugikan oleh informasi yang keliru.

Baca Juga: Golongan Darah 0 Berisiko 18% Lebih Kecil Tertular Covid-19

"Selalu cek dan ricek. Cari informasi dari referensi terpercaya seperti dari Kementerian Kesehatan, IDI atau WHO, atau CDC atau organisasi kesehatan yang reliable," sarannya.

Dia menambahkan, pastikan juga sumber tersebut benar apalagi berkaitan dengan hasil riset. "Jadi, jangan langsung percaya dengan testimoni-testimoni skala kecil walaupun datangnya dari sumber yang sepertinya bisa dipercaya," pungkasnya.

So, seperti apa pesan berantai yang tersebar di WhatsApp tersebut? Berikut Okezone lampirkan sebagai acuan agar masyarakat tidak tertipu dengan informasi yang menyesatkan tersebut.

Mulai skrang jangan mau ditakut-takuti Covid-19 dan jangan keburu minta dites. Tolong ini dibaca baik-baik sampai selesai.

Ini tulisan anaknya Prof Idrus Paturusi namanya dr Indrianti Idrus, Sp.KK.

INFO INI SEMOGA BERMANFAAT🌹

P E N T I N G !!🌺

Bahwa

MINYAK KAYU PUTIH BISA MENGHAMBAT REPLIKASI VIRUS.💞

Prof. Idrus Paturusi.

LAWAN COVID-19 Minyak KAYU PUTIH.

Prof Idrus Paturusi UNIVERSITAS HASANUDDIN

Oleh : Dr. Idrianti Idrus Sp.KK

Kisah Nyata.. Setelah di Vonis Positif COVID-19, Ayahku Langsung Masuk ke Ruang isolasi RS. Unhas di Temani Ibu. Pada hari ke dua atau hari ke tiga, saya di Sarankan oleh Sahabat Ayahku Dr. Murni, Sp.B. agar Bapak di Berikan Minyak Kayu Putih.

Ibu ku Memang Pecinta Minyak Kayu Putih dan Minyak Tawon dari dulu dan rajin Menggosokan Minyak Minyak ini di Tubuhnya. Ayahpun Sangat Suka dengan Minyak Kayu Putih karena Pengalamannya saat Kecil Selalu di Balur Minyak Kayu Putih. Jadi Masuk di Kamar isolasi pun Persediaan Minyak Kayu Putih Sudah ada.

Singkat Cerita, Ayah dan Ibu ku Memakai Minyak Kayu Putih Merasakan Dadanya Plong dan Lega.

Alhamdulillah.. Setelah Swab ke Tiga dan ke Empat, Ayahku Negatif dan Bisa Keluar dari RS. Akhirnya Banyak yang Telepon ke Ayahku, Termasuk Salah Satu Pejabat Pusat yang Kenal Dekat dan Ketika itu Hasil Rapid-Test nya Ayahku adalah Positif. Karena teman, Ayahku Memberitahukan Tentang Semua Pengobatan yang Ayah pakai yaitu Minyak Kayu Putih.

Saya Sempat Kesal pada orang-orang yang Menawarkan Berbagai Macam Obat dan Suplemen., Karena Tidak Semua Suplemen Bisa Menyembuhkan COVID-19.

Akan Tetapi saat ini banyak orang yang Memanfa'atkan Situasi ini dengan Menjual Suplemen atau Obat, yang Katanya : ini adalah Obat yang Paling Mujarab untuk Para Pasien COVID-19.

Karena kami orang dari Akademisi, Tentu Harus Melakukan Beberapa Penelitian untuk Mendapatkan Suatu Terapi and its a Long Journey.

Akhirnya Ayahku Membentuk Team di Awal Bulan April 2020, Meneliti Efek dari Minyak Kayu Putih ini. Karena Minyak Kayu Putih Sangat Masuk Akal Bisa Menghambat Replikasi Virus.

Ayah pun Melakukan Sedikit Literature Review dan Mendapat Beberapa Jurnal Pendukung Kalau Minyak Kayu Putih ini, Ternyata Manfa'atnya Sangat Banyak.

- Anti Bakteri.

- Anti Jamur.

- Bisa Menginaktivasi Airborne Virus.

- 1,8-Cineol yang Merupakan Zat Aktif Minyak Kayu Putih bisa Sebagai Anti Inflamasi.

- Kandungan Eucalyptus-nya Berfungsi Sebagai Ekspektoran, Mukolitik dan Decongestan.

Ketika Melakukan Pertemuan Melalui Zoom dengan Anggota Team Peneliti yang di Ketuai oleh Prof. Elly dari Farmasi. Maka kami Mendapatkan lagi Tambahan Beberapa Jurnal Pendukung bahwa :

Unsur dari Kayu Putih yang Bernama Eucalyptus Bisa Bertindak Sebagai Anti Virus.

Penelitian kamipun Berjalan Sejak itu. Team kami Gabungan dari Para Dosen Unhas yang Berada di Makassar, Inggris, Jepang dan Korea Selatan. Sehingga Penelitian kami Menghasilkan Sesuatu yang Berguna untuk Para Pasien Covid-19.

1. Ambil Minyak Kayu Putih Secukupnya, lalu di Balurkan ke Badan. Fungsinya Sebagai Penghangat Tubuh dan agar Lebih Fresh.

2. Untuk Menangani orang yang Positif Covid-19. Caranya yaitu:

- Tuangkan Minyak Kayu Putih Secukupnya ke Jari.

- Letakkan jari tsb di Tengah Lidah.

Lakukan satu hari 3 - 4 kali.

Hasilnya : Orang yang Sudah Positif Covid-19, Insya Allah Negatif.

3. Minum Teh Hangat yang Telah di Tetesi Satu Tetes Minyak Kayu Putih, lalu di Minum Selagi Hangat.

Lakukan Sehari 2 - 3 kali.

Semoga Bermanfa'at..🙏

Share ke teman2 yg lain

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini