Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erick Thohir Tak Takut Diancam meski Sering Rombak Direksi BUMN

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 620 2232946 erick-thohir-tak-takut-diancam-meski-sering-rombak-direksi-bumn-yuJmPfCXgx.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)
A A A

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perombakan Direksi di perusahaan plat merah. Mulai dari BUMN konstruksi hingga BUMN pelabuhan. Apalagi seluruh BUMN karya yang dilakukan perombakan oleh Erick Thohir.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, dalam pemilihan Direksi BUMN karya, perusahaan melakukan penilaian di internal. Erick bilang, pola penilaian ini sangat penting untuk melihat kinerja dari Direksi. Selain memang langkah ini dilakukan untuk menghindari adanya unsur ketidaksukaan dalam pemilihan Direksi.

Baca Juga: Dihantam Corona, Erick Thohir: BUMN Butuh Waktu 2 Tahun Kembali di Titik Normal

Berikut adalah fakta mengenai perombakan direksi yang dilakukan Erick Thohir:

1.Konsultasi dengan Menteri PUPR

Selain melakukan penilaian, Erick Thohir mengatakan, dalam pemilihan Direksi BUMN karya, perusahaan melakukan penilaian di internal. Selain itu, dirinya juga meminta pendapat dari Menteri terkait dalam hal ini Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Proses yang dilakukan sekarang ini kan beda. Selain internal assementnya poin nomor dua kita melibatkan menteri terkait yang membantu. Menteri PUPR. Mereka bantu kami cek kerjanya benar atau tidak," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Erick Thohir

2. Tidak Takut Diancam

Erick Thohir mengaku kerap mendapatkan ancaman dari oknum saat melakukan bongkar pasang direksi dan komisaris perusahaan negara. Namun demikian, Erick tak memperdulikannya.

Erick menegaskan tak gentar kala menerima ancaman tersebut, karena tugasnya sebagai pembantu Presiden yang memberikan pelayanan kepada negara dan masyarakat.

“Saya juga tidak takut diancam-ancam. Saya loyalitas ke Presiden,” kata Erick dalam diskusi virtual, Kamis (18/6/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

3. Copot Direksi yang Kinerjanya Rendah

Erick Thohir memastikan akan mencopot seluruh direksi dan komisaris BUMN bila mereka bekerja di bawah key performance indicator (KPI). Pasalnya, setiap yang bekerja di bawah kepeimpinannya itu harus mampu memenuhi target yang dipatok sebelum mereka menduduki jabatan tersebut.

"Kalau direksi dan komisaris enggak siap berubah, ya kita copot. Semua tergantung KPI-nya," kata Erick.

Baca Juga: Menteri Erick Beberkan Prediksi CEO Dunia soal Perekonomian

4. Buka Kesempatan untuk Putra Terbaik Bangsa

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir akan secara terbuka memberi kesempatan kepada siapapun untuk menjadi direksi dan komisaris perusahaan negara. Proses tersebut akan dijalankan oleh talent pool Kementerian BUMN.

"Nama (calon direksi) dari berbagai pihak diterima tapi kan ada proses seleksi. Apalagi ke depan Pak Menteri akan terbuka dari luar. Jadi kesempatan putra dan putri terbaik bangsa bisa bergabung," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini