Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berbentuk Uang Kayu, Kota Ini Beri USD300/Bulan ke Warganya

Rabu 24 Juni 2020 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 620 2235638 berbentuk-uang-kayu-kota-ini-beri-usd300-bulan-ke-warganya-o5l0BK1yyH.jpg Uang Kayu Tenino (VoA Indonesia)
A A A

JAKARTA - Pemerintah kota Tenino telah menghidupkan kembali mata kunonya. Di mana, mata uang tersebut berbahan dasar kayu.

Walikota Tenino, Wayne Fournier mengatakan, kotanya menghadapi kemerosotan ekonomi yang cukup signifikan. Maka dirinya mencoba mengatasinya sendiri untuk memacu perekonomian.

 Baca juga: Ekonomi Merosot Imbas Covid-19, Kota Ini Gunakan Uang Kayu untuk Transaksi

"Menyuntikkan modal kembali ke bisnis lokal dan membantu warga yang terkena dampak pandemi," kata Wali Kota Tenino Wayne Fournier mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Namun, tak disangka, suntikan ke masyarakat tersebut bukanlah dalam bentuk uang kertas layaknya saat ini. Namun, berbentuk uang kayu.

 Baca juga: Uang Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta, BI Minta Masyarakat Hati-Hati

Kota ini menggunakan dana dari simpanan daruratnya untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan hingga sebesar USD300 per bulan. Di mana, dalam mata uang kayu untuk dibelanjakan di kota itu.

Untuk mempertahankan perekonomian di Kota Tenino agar tetap berjalan, otoritas kota mencetak uang di atas kayu. Saat ini, mereka menggunakan mesin yang sama dengan yang digunakan pada 1930-an untuk mencetak uang yang dibagikan kepada warga yang mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi virus corona.

Hampir setiap bisnis di Kota Tenino, mulai dari pom bensin dan bengkel mobil hingga restoran Meksiko Don Juan's Mexican Kitchen, menerima uang kayu itu.

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini