Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Teknologi Graphene untuk Perangkat Cerdas

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 620 2235778 mengenal-teknologi-graphene-untuk-perangkat-cerdas-7Wi7EGqBSL.jpg (Foto: SciTechDaily)
A A A

BEIJING - Pembuangan panas telah menjadi kunci untuk menentukan kinerja smartphone, tablet, dan produk pintar lainnya. Banyak merek telah memperkuat desain pembuangan panas tahun ini, dikutip Sindonews.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China menyatakan teknologi ini menggunakan graphene sebagai bahan baku dan menggunakan film konduktif termal yang sangat berorientasi ditumpuk oleh beberapa lapisan graphene.

Ini memiliki karakteristik sifat mekanik yang baik, konduktivitas termal yang tinggi, ringan, bahan tipis, dan fleksibilitas yang baik.

Graphene adalah bahan dua dimensi novel. Ini terdiri dari atom karbon dan orbital hibrida sp2 untuk membentuk film datar heksagonal dengan kisi sarang lebah. Ketebalannya hanya satu atom karbon. Ini adalah nanomaterial tertipis tetapi juga paling sulit di dunia.

Graphene sulit untuk dipersiapkan, tapi merupakan bahan berteknologi tinggi yang menjanjikan. Bahan ini hampir sepenuhnya transparan dan hanya menyerap 2,3% cahaya. Konduktivitas termal setinggi 5300 W/m·K, yang lebih tinggi dari karbon nanotube dan berlian.

Selain itu, mobilitas elektronnya melebihi 15.000 cm2/ V·s, yang lebih tinggi dari karbon nanotube atau kristal silikon. Melihat resistivitasnya, hanya sekitar 10-6 n·cm. Ini lebih rendah dari tembaga atau perak dengan resistivitas terkecil di dunia.

Karena karakteristik ini, graphene "bersinar" di bidang optik, pembuangan panas, semikonduktor, baterai, dan lain-lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini