Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Besok Hari Anti Narkoba Internasional, Ini Efek Samping Obat Terlarang!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 620 2236325 besok-hari-anti-narkoba-internasional-ini-efek-samping-obat-terlarang-GWCassUURa.jpg Hari anti narkoba (Foto : Puspensos)

Setiap 26 Juni, dunia merayakan Hari Anti-Narkoba Internasional. Di momentum itu, setiap negara akan mengumandangkan bahaya narkoba.

Kita semua juga tahu bahwa penyalahgunaan narkoba di negara ini dilarang alias ilegal. Karena itu, pemerintah dan banyak pihak lainnya terus mengimbau pada masyarakat agar menjauhi narkoba karena benar-benar memberi dampak buruk bagi pemakainya.

Nah, di artikel ini Okezone bakal membedah apa saja bahaya mengonsumsi narkoba. Dengan begitu, diharapkan Anda bisa benar-benar tidak menyentuh obat terlarang tersebut. So, apa dampak buruk narkoba itu?

narkoba

Perlu masyarakat ketahui terlebih dulu, bahaya narkoba itu bervariasi tergantung pada jenis obat yang digunakan, lama penggunaan, dan banyak faktor lainnya. Satu hal yang cukup sama dari semua perbedaan itu ialah bahwa narkoba memengaruhi pengguna bahkan merusak orang sekitar.

Dilansir dari Luxury Rehabs, ada beberapa bahaya narkoba yaitu:

1. Meningkatkan toleransi tubuh pada obat-obatan.

2. Gejala 'selalu ingin ada barang' ketika mencoba mengurangi atau berhenti.

3. Masalah kesehatan, seperti detak jantung tak teratur, tekanan darah tinggi, kerusakan paru-paru, dan kejang.

4. Cidera baik yang disengaja maupun yang disebabkan diri sendiri.

5. Overdosis.

6. Kematian.

Baca Juga : Pecandu Narkoba Lebih Mudah Melakukan Tindak Kekerasan

Risiko berbahaya lainnya yang mengintai pengguna narkoba ialah bagi ibu hamil, yakni bisa merusak janin di dalam tubuh dan membahayakan bayi yang baru lahir. Kemudian, pengguna narkoba akan memiliki masalah serius dengan keluarga dan orang terdekatnya.

Di lingkungan sosial, pengguna narkoba akan memilih abai dengan tanggung jawab pekerjaan atau sekolahnya. Lalu, pengguna narkoba juga lebih rentan mengalami masalah kriminalitas. Di sisi lain, pengguna narkoba juga berisiko lebih besar jadi korban kekerasan.

Menjadi catatan penting, bahaya kecanduan narkoba itu sangat luas. Ketika seorang individu siap untuk menghadapi kecanduannya sendiri, maka dia mesti tahu bahwa risiko itu bukan hanya pada dirinya saja, tetapi orang sekitarnya.

Di sisi lain, Anda juga perlu tahu apa penyebab seseorang kecanduan narkoba. Apa saja?

1. Dia seorang pasien gangguan mental yang mendasari, seperti skizofernia, sindrom PTSD, depresi, atau mengalami kecemasan berlebih.

2. Memiliki kepercayaan diri rendah.

3. Memiliki masalah yang berat dalam hal pribadi, profesi, atau masalah finansial.

4. Eksposur lingkungan juga memegang peranan penting kenapa seseorang bisa kecanduan narkoba. Karena itu, sangat disarankan memilih lingkungan bergaul yang jauh dari narkoba.

5. Belajar tentang bahaya kecanduan narkoba dan penyebabnya, dapat menjadi langkah penting bagi Anda agar tidak berpikir bereksperimen dengan heroin, marijuana, atau obat-obatan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini