Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Aplikasi iOS Bisa Intip Clipboard Pengguna

INews.id, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 620 2238392 puluhan-aplikasi-ios-bisa-intip-clipboard-pengguna-M9X4f2fU0l.jpg (Foto: Apple)
A A A

CUPERTINO - Peneliti keamanan Tommy Mysk mengatakan kepada Ars Technica, 53 aplikasi tambahan yang diidentifikasi pada Maret lalu masih menangkap data clipboard universal saat mereka dibuka, dikutip iNews.

Praktik ini berpotensi berbagi data sensitif dengan perangkat lain yang berdekatan menggunakan Apple ID yang sama.

Aplikasi termasuk ke dalam judul utama, biasanya dapat dipercaya. Perilaku ini terlihat dalam aplikasi berita dan juga game-game ternama seperti Fruit Ninja dan Bejeweled.

Aplikasi sosial media seperti Viber, Weibo, dan Zoosk juga ketahui masih mengintip clipboard pengguna. Hal sama juga masih dilakukan aplikasi utilitas seperti AccuWeather, DAZN, dan Overstock.

"Ini sangat, sangat berbahaya. Aplikasi ini membaca clipboard dan tidak ada alasan untuk melakukan ini. Aplikasi yang tidak memiliki bidang teks untuk memasukkan teks tidak memiliki alasan untuk membaca teks clipboard," kata Mysk.

Beberapa pengembang aplikasi telah berjanji untuk mengubah perilaku mereka. Bersama TikTok, 10 persen Happier and Hotel Tonight mengurangi penggunaan clipboard mereka.

Ada juga sejumlah aplikasi yang memanfaatkan clipboard dengan cerdas. Pixelmator misalnya, hanya menarik data jika ada gambar saja.

Kendati demikian, masalahnya bukan hanya segelintir aplikasi ini yang menyalahgunakan keyboard. Ada kemungkinan banyak aplikasi lain menunjukkan perilaku serupa.

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini