Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkembangan Vaksin Covid-19, WHO Soroti AstraZeneca dan Moderna

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 620 2238406 perkembangan-vaksin-covid-19-who-soroti-astrazeneca-dan-moderna-rvHxmivVef.jpg (Foto: Shutterstock)
A A A

JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, di antara ratusan kandidat vaksin Covid-19, calon vaksin yang dikembangkan AstraZeneca merupakan kandidat paling terdepan dalam hal pengembangan, dikutip Sindonews.

Perusahaan farmasi asal Inggris ini bekerjasama dengan Universitas Oxford dalam pengemban vaksin, dan telah memasuki fase percobaan pada manusia.

Kepala Ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan mengatakan, Moderna juga berada tidak jauh di belakang AstraZeneca. Dari sekitar 200 kandidat vaksin corona, 15 diantaranya telah memasuki uji klinis.

“Vaksin Moderna juga akan memasuki uji klinis fase ketiga, mungkin pada pertengahan Juli. Tapi menurut saya AstraZeneca memiliki cakupan yang lebih global dalam pengujian vaksin mereka,” ujar Swaminathan.

Sementara itu, WHO mengaku sedang dalam pembicaraan dengan beberapa produsen China, termasuk Sinovac tentang vaksin potensial.

Di sisi lain, WHO juga meminta sumbangan dari pemerintah dan sektor swasta, agar membantu mengumpulkan dana USD31,3 miliar atau Rp446 triliun dalam 12 bulan ke depan.

Tujuan dari pengumpulan dana itu intuk mengembangkan dan memberikan tes, perawatan, dan vaksin dari virus corona. Dalam pendistribusian dana selama ini, WHO bekerjasama dengan organisasi pengembangan obat, pendanaan dan distribusi bernama ACT-Accelerator Hub.

Inisiatif ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan memberikan 500 juta tes corona dan 245 juta program pengobatan baru, ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah pada pertengahan 2021.

WHO juga berharap 2 miliar dosis vaksin, termasuk 1 miliar yang akan dibeli oleh negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, akan tersedia pada akhir tahun 2021.

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini