Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Risma Sujud di Kaki Dokter, Ini Hadist Nabi Melarang Sujud ke Makhluk

Selasa 30 Juni 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 620 2238822 risma-sujud-di-kaki-dokter-ini-hadist-nabi-melarang-sujud-ke-makhluk-aTNOVdWVkN.jpg Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Okezone)

SURABAYA - Bendahara Umum Ikatan Keluarga Alumni Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jawa Timur, Firman Syah Ali menyesalkan sikap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersujud di kaki Ketua Tim PINERE RSUD dr Soetomo, dokter Sudarsono.

Menurutnya video aksi Risma yang viral itu kini bahkan bisa ditonton oleh anak-anak dan remaja yang belum paham tentang agama.

Baca juga:  Viral Risma Sujud: Tak Boleh Sujud kepada Siapapun Selain kepada Allah

Firman Syah Ali menyebut bahwa peristiwa makhluk bersujud kepada sesama makhluk hanya terjadi pada era nabi dan rasul sebelum Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW resmi melarangnya dalam beberapa hadits.

"Sebelum Nabi Muhammad SAW memang ada kisah para malaikat bersujud kepada Adam As, saudara-saudara Nabi Yusuf As bersujud kepada Nabi Yusuf As, para penyihir loyalis Fir'aun bersujud kepada Nabi Musa As,” kata Firman Syah dalam siaran pers kepada Okezone, Selasa (30/6/2020).

“Tapi sejak kenabian Muhammad SAW tidak terjadi lagi peristiwa makhluk bersujud kepada sesama makhluk karena Nabi Muhammad SAW tegas menyatakan tidak ada yang berhak mendapat penghormatan sujud selain Allah, hadits ini diriwayatkan oleh Imam Hasan Al-Bashri" ujar keponakan Menko Polhukam Mahfud MD ini.

 ilustrasi

Momen Risma sujud di kaki dokter (Okezone)

Selain itu ada hadits riwayat Imam Tirmidzi sebagai berikut :

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ، لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

Artinya; “Seandainya aku boleh menyuruh seorang manusia untuk bersujud kepada manusia lainnya, niscaya akan aku suruh seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya."

Baca juga:  Allah 200 Kali Menyebut 'Pengampunan' dalam Alquran, Kenapa?

"Sangat tegas, jelas dan gamblang sujud kepada sesama makhluk dilarang oleh penutup para Nabi dan Rasul, junjungan kita Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Kita menyesal jika ada pejabat publik mencontohkan sujud kepada sesama makhluk. Semoga tidak diulangi lagi karena sangat tidak mendidik, mengingat yang bersangkutan beragama islam," pungkas Pengurus Harian PW LP Ma'arif NU Jawa Timur ini.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini