Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penularan Covid-19, Ingat 4 Hal Ini Sebelum Rapat di Kantor

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 620 2249231 cegah-penularan-covid-19-ingat-4-hal-ini-sebelum-rapat-di-kantor-NXv4pDiPma.jpg Jubir Pemerintah Penanganan COVID-19 (Foto : BNPB Indonesia/Youtube)

Memasuki era new normal, masyarakat diharapkan bisa menjalankan kegiatan dengan adaptasi yang baru, termasuk pada saat bekerja di kantor. Mulai dari protokol kesehatan saat ingin pergi ke kantor, hingga mengadakan meeting di jam kerja.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta agar seluruh pegawai kantor melaksanakan protokol kesehatan, seperti membagi shift saat bekerja, hanya pergi ke kantor dalam keadaan sehat, hingga penerapan meeting di kantor.

Baru-baru ini, Yurianto mengimbau agar para pekerja yang akan mengadakan meeting di kantor dapat memerhatikan hal-hal berikut ini :

1. Peserta meeting dibatasi

Jubir Corona

Yurianto mengatakan, peserta meeting harus dihitung sesuai dengan besarnya ruang meeting. Hal ini dilakukan agar para peserta dapat tetap menerapkan physical distancing selama meeting berlangsung.

"Pastikan hanya dihadiri oleh orang-orang yang sedang tidak sakit. Kemudian, pastikan kapasitas ruang betul-betul bisa menjamin untuk menjaga jarak atau physical distancing. Dibatasi presentasi, dilakukan yang betul-betul penting saja," ujar Yuri.

Baca Juga : Viral Bayi Tidur Hampir Setahun Idap Sleeping Beauty Syndrome, Apa Itu?

2. Peserta meeting dipastikan dalam kondisi sehat

Para peserta yang akan meeting dipastikan dalam keadaan sehat. Bila dirasa terdapat keluhan fisik, lebih baik bekerja dari rumah saja. Urungkan niat untuk pergi ke kantor.

"Kita berupaya untuk memastikan bahwa hanya yang sehat saja yang diperbolehkan bekerja di kantor. Artinya yang memiliki keluhan fisik, sebaiknya tidak usah bekerja dari kantor, bekerjalah dari rumah," terang Yuri.

3. Durasi meeting tidak melebihi 30 menit

Karena berada di ruangan tutup terlalu lama dapat berisiko menularkan Covid-19, maka durasi meeting harus dibatasi, yakni tidak melebihi 30 menit.

"Usahakan rapat hanya membahas yang penting saja, dan tidak lebih dari 30 menit. Untuk itu, usahakan rapat hanya membahas poin-poin penting saja, sehingga rapat bisa menjadi efisien, efektif, dan singkat," imbuh Yuri.

Jubir Corona

4. Tidak menyediakan hidangan

Jika selama ini tradisi meeting adalah dengan menyajikan hidangan, Yurianto mengimbau agar menghilangkan kebiasaan ini. Menyediakan makanan dan minuman saat meeting akan membuat peserta membuka maskernya sehingga berpotensi terhadap penularan Covid-19.

"Manakala topiknya cukup banyak, maka bagi rapat menjadi beberapa kegiatan agar tidak kemudian kita menyiapkan makanan dan minuman di ruang rapat yang memungkinkan semua orang membuka masker yang kemudian membuka peluang terjadinya penularan apabila salah satu peserta rapat adalah orang yang terkonfirmasi positif namun tanpa gejala," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini