Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rossi Kini Lebih Nyaman dengan Motor Yamaha

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 620 2259453 rossi-kini-merasa-lebih-nyaman-dengan-motor-yamaha-U0xYe62x7o.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)
A A A

BRNO – MotoGP Republik Ceko 2020 akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB. Jelang bergulirnya balapan tersebut, pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi mengaku kini lebih nyaman saat mengendarai motor Yamaha, YZR-M1.

Rossi awalnya tidak terlalu nyaman dengan pengaturan motor Yamaha. Ketidaknyamanan itu membuat Rossi kesulitan tampil maksimal pada balapan pertama musim ini, MotoGP Spanyol 2020. The Doctor –julukan Rossi– bahkan tidak mampu menyentuh garis finis karena masalah teknis pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez itu.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Sementara itu, rekan setim Rossi, Maverick Vinales dan pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo justru tampil apik dengan pengaturan yang sama. Vinales finis di posisi kedua sedangkan Quartararo memenangkan balapan.

Rossi pun sadar dirinya tidak cocok dengan pengaturan motor Yamaha sehingga memutuskan untuk melakukan perubahan. Keinginan Rossi awalnya tidak disetujui tetapi perubahan pengaturan tetap dilakukan pada akhirnya.

BACA JUGA: Rossi Senang Ducati Alami Masalah yang Sama dengan Yamaha

Perubahan pengaturan itu membuat Rossi mampu menempati posisi ketiga di MotoGP Andalusia 2020. Rossi finis di belakang Vinales dan Quartararo yang kembali keluar sebagai pemebang balapan yang juga berlangsung di Sirkuit Jerez itu.

Hasil apik di MotoGP Andalusia 2020 tidak menandakan Rossi telah terbebas dari masalah. The Doctor menjadi lebih cepat tetapi masih kesulitan menghemat pemakaian ban belakang. Rossi bersama Kepala Mekanik krunya, David Munoz, dan para mekanik lain mencoba mencari solusi dari masalah yang tersisa.

Follow Berita Okezone di Google News

Meski masalah Rossi belum 100 persen selesai, tetapi ia cukup puas dengan kondisi motornya sekarang. Rossi menyatakan dirinya menjadi lebih kuat sekarang.

“Pada periode terakhir di Yamaha, kami menggunakan pengaturan yang berbeda, dibuat untuk menghemat ban. Akan tetapi, saya tidak merasa nyaman dengan motornya, karena saya tidak bisa berbelok dengan benar, untuk melaju cepat saat mengerem dan saya masih menderita dengan manajemen ban,” kata Rossi, menyadur dari Crash, Minggu (9/8/2020).

"Jadi saya kehilangan kecepatan dan juga saya tidak bisa memperbaiki masalah dengan ban. Sekarang kami mempelajari keseimbangan yang berbeda, pengaturan yang berbeda, bersama dengan David (Munoz) dan mekanik kami,” ucap pembalap berpaspor Italia itu

“Saya merasa lebih baik dengan motornya. Yang pasti degradasi permukaan ban belakang masih menjadi masalah pada akhir balapan, tapi saya bisa menjadi lebih kuat,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini