Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk, Belajar Hidup Sehat dari Nabi Muhammad SAW

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 620 2261085 yuk-belajar-sehat-dari-nabi-muhammad-saw-UXJfRvD8xs.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

NABI Muhammad SAW tak pernah mengalami sakit serius sepanjang hidupnya. Pola hidup dipraktikkan Rasulullah sangat sehat sehingga manjauhkan segala penyakit dari tubuhnya. Jika kamu mau sehat, bisa belajar dari cara Rasulullah menjaga kesehatannya.

Dalam riwayat disebutkan Rasulullah memiliki fisik yang sempurna dengan tubuh atletis, kekar, perut berotot dan sangat kuat. Penyakit pun tak hinggap pada tubuh baginda Nabi. Ya, Rasulullah sangat menjaga pola makan, istirahat dan rajin bergerak.

Baca juga: 7 Fakta Istimewa Khadijah, Istri Rasulullah SAW yang Dikenang Sepanjang Masa

Manusia sekarang mudah dihinggapi penyakit karena pola hidupnya tak sehat dan tidak menjaga pola makan, istirahat dan sering stres.

Dalam “Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah” karya Dr. Nadiah Thayyarah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan kita agar menjaga keseimbangan pola makan.

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu Umar:

"Seorang laki-laki bersendawa di hadapan Rasulullah. Beliau lalu berkata,"Hentikan sendawamu itu dari kami, karena orang yang paling banyak kenyang di dunia, ia akan menjadi orang yang paling lama laparnya di hari kiamat,".

Makan terlalu berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan. Rasul pun tidak menyukai orang yang terlalu kenyang (makan), lalu bersendawa di depan oranglain karena dianggap tidak sopan.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, bahwasanya Rasulullah bersabda:

"Petaka pertama di tengah umat ini setelah zaman Nabinya adalah kekenyangan. Ketika perut satu kaum kenyang, maka tubuh mereka akan liar," (HR. Bukhari).

Baca juga: Kenapa Kalender Islam Diawali Bulan Muharram? Begini Sejarah Penetapan Tahun Hijriah

Nah, jika ingin menerapkan hidup sehat, bisa meniru atau menerapkan kebiasaan Rasulullah di setiap kali hendak makan. Nabi Muhammad bersabda:

"Tidaklah anak Adam mengisi satu bejana yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makan sekadar untuk menegakkan tulang punggungnya. Jika tidak, maka buatlah perutnya sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara napasnya," (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menghimpun ilmu kesehatan dan gizi dalam satu ayat, terdiri dari tiga kalimat saja. Allah berfirman:

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya: "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan," (QS. Al A'raf: 31).

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini