Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Aktor Indonesia Perankan Tokoh Pahlawan Nasional

Evan Oktavianus, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 620 2263483 5-aktor-indonesia-perankan-tokoh-pahlawan-nasional-CCeX95pSyC.jpg Lukman Sardi sebagai KH Ahmad Dahlan (Foto: Ist)

JAKARTA - Tepat hari ini, 17 Agustus 2020, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-75. Kemerdekaan Indonesia datang dari perjuangan para pahlawan yang membela bangsa Indonesia dari penjajahan.

Perjuangan para tokoh pahlawan nasional tersebut diangkat menjadi film di beberapa judul film sesuai tokoh pahlawannya.

Baca Juga:

Deretan Sutradara Indonesia yang Dikenal hingga Mancanegara

Amanda Manopo Kenang Pengalaman Jadi Pengibar Bendera Merah Putih

Okezone merangkum 5 bintang film Indonesia yang pernah perankan tokoh pahlawan nasional, berikut daftarnya:

1. Adipati Dolken - Jenderal Soedirman

 Jendral Soedirman

Meskipun terkenal dengan film-film bertemakan romansa, ternyata aktor muda Adipati Dolken juga pernah memerankan tokoh pahlawan nasional, yakni Jenderal Soedirman. Adipati memerankan Soedirman pada film biopik Jenderal Soedirman yang tayang pada tahun 2015 silam. Keapikan akting dari Adipati Dolken berhasil membuat film ini memperoleh beberapa nominasi penghargaan.

2. Reza Rahadian - Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto

Reza Rahadian sudah tidak perlu diragukan lagi jika memerankan lakon di film. Dengan kepiawaiannya memainkan peran aktingnya, Reza pernah memerankan tokoh Tjokroaminoto dalam film biopik Guru Bangsa: Tjokroaminoto tahun 2015 lalu. Tjokroaminoto sendiri merupakan tokoh pahlawan nasional yang merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia yakni Sarekat Islam. Diluar hal tersebut, Reza Rahadian juga pernah memerankan presiden B.J. Habibie.

3. Lukman Sardi - Kiai Haji Ahmad Dahlan

 KH Ahmad Dahlan

Dalam film sang Pencerah tahun 2010, Lukman Sardi berperan sebagai pemeran utama, yakni Ahmad Dahlan yang merupakan tokoh pendiri Muhammadiyah dan pembaharu Islam di Indonesia. Selain pernah berperan sebagai Ahmad Dahlan, Lukman Sardi juga pernah berperan sebagai wakil presiden Mohammad Hatta di dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka, berduet dengan Ario Bayu yang berperan sebagai presiden Soekarno.

4. Dian Sastrowardoyo - Raden Ajeng Kartini

RA Kartini 

Aktris cantik Dian Sastrowardoyo ini sebelumnya dikenal akibat berperan sebagai Cinta di film populer AADC, namun ternyata Dian Sastro juga pernah ikut berperan dalam film bertema perjuangan. Dian Sastro memerankan Raden Ajeng Kartini, tokoh emansipasi wanita Indonesia, dalam film Kartini garapan Hanung Bramantyo tahun 2017.

5. Christine Hakim - Tjoet Nja' Dhien

 Tjoet Nja' Dhien

Film biografi Tjoet Nja' Dhien merupakan film yang rilis tahun 1988 silam dan disutradarai oleh Eros Djarot. Christine Hakim dipilih oleh Eros Djarot untuk memerankan tokoh pahlawan asal Aceh ini. Berkat akting yang bagus dari Christine, film ini pun berhasil memperoleh beberapa prestasi dan nominasi penghargaan dari lokal sampai mancanegara, salah satunya film ini menjadi film Indonesia pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes tahun 1989.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini