Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Pemugaran Sarinah, Selesai Agustus 2021

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 620 2265765 4-fakta-pemugaran-sarinah-selesai-agustus-2021-eR5mdJvmF9.jpg Sarinah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemugaran Gedung Sarinah tidak akan menghilangkan nilai dari cagar budaya. Pihaknya pun memastikan bahwa pembangunan tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta.

Selain itu, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito menyampaikan bahwa target pemugaran dan penyegaran Gedung akan rampung pada Agustus 2021. Diperkirakan, renovasi tersebut akan menelan biaya sekitar Rp700 triliun.

Berikut beberapa fakta mengenai pemugaran Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (22/8/2020).

Baca juga: Renovasi Sarinah Pertahankan Cagar Budaya

1. Tidak menghilangkan nilai budaya

Pemugaran gedung Sarinah ini dipastikan tidak akan menghilangkan nilai dari cagar budaya yang sudah ada. Pemugaran tersebut akan tetap mempertahankan nilai sejarah dan menjadi kekuatan tersendiri bagi Sarinah.

Misalnya ada kolam pantul adalah memunculkan kembali cagar budaya atau histori yang sudah ada di Sarinah sebelumnya. Turis-turis untuk datang melihat heritage tersebut.

Gedung Sarinah Akan Berubah Jadi Pusat UKM 

2. Dibangun Museum Sejarah

Selain itu, Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati juga menyampaikan bahwa pihaknya akan membangun pula museum sejarah berdirinya gedung Sarinah. Hal tersebut diharapkan agar pelancong dapat melihat keunikan dan cerita sejarah awal gedung tersebut di dirikan.

“Museum Sarinah yang nanti kami akan bangun dengan relieve sejarah dan momentum tahun 1960 itu menjadi edukasi yang juga bisa kita kaitkan dengan gerakan lokalitas, sehingga mereka bisa semakin mengenali Indonesia dan semakin mencintai produk lokal dan histori kita,” kata dia.

Gedung Sarinah Akan Berubah Jadi Pusat UKM

3. Rampung di Agustus 2021

Perampungan pemugaran gedung tersebut diperkirakan akan selesai di Agustus 2021 mendatang.

“Selaku mitra investasi Sarinah yang juga melakukan kerjasama properti dan konstruksi meyakinkan bahwa pemugaran dan penyegaran Gedung Sarinah akan selesai Agustus 2021,” kata Agung.

4. Pembiayaan sebesar Rp700 triliun

Pemugaran dari gedung sejarah Sarinah tersebut menelan total biaya sekitat Rp700 triliun. Diharapkan agar renovasi tersebut pun dapat selesai tepat waktu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini