Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Volume Kendaraan Arus Balik Long Weekend Terpantau Lancar

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 620 2266094 volume-kendaraan-arus-balik-long-weekend-terpantau-lancar-58paLcfRAB.jpg Menhub Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Irjen Istiono. (Foto: Okezone/Muhamad Rizky)
A A A

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya bersama dengan Kakorlantas Irjen Istiono melakukan pemantauan arus balik libur panjang via udara menggunakan helikopter. Berdasarkan pemantauan, pagi ini arus balik berjalan lancar.

Budi mengatakan bahwa arus balik sejauh ini terpantau lancar. Kendaraan yang menuju arah Jakarta dari Jawa Barat dan Jawa Tengah terpantau masih landai.

“Alhamdulillah, saat dari Jakarta, dari Bandung menuju ke timur itu berjalan dengan baik. Tadi dari udara kami melihat bahwa lalu lintas timur ke barat masih relatif landai,” kata Budi Karya kepada wartawan, Minggu (23/8/2020).

BACA JUGA: Puncak Arus Balik Long Weekend di Tol Cipali Diprediksi Terjadi Hari Ini

Pemantauan ini sendiri menuju ke Pos Cikopo, Jawa Barat, lalu dilanjutkan dengan meninjau jalur darat dari Pos Cikopo menuju Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.

Menurut Budi, kendaraan yang kembali ke Jakarta baru sepertiga dari total keseluruhan yang meninggalkan Jakarta saat libur panjang.

“Memang kalkulasi masih sepertiga dari jumlah mereka yang mudik akan balik ke Jakarta, oleh karena itu kami mengamati dan kami pastikan bahwa nanti malam, sore atau pagi besok bisa berjalan dengan baik,” ujar Budi.

BACA JUGA: Arus Balik Libur Panjang, Begini Lalin Tol Cikampek-Jakarta Siang Ini

Dia juga mengucapkan terima kasih ke jajaran Korlantas yang sudah berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan Darat, dan Jasa Marga untuk mengamankan libur panjang ini.

“Kami mengatur kendaraan sumbu tiga ke atas saat di pintu Palimanan harus keluar, lalu lintas Cisumdawu juga diatur dengan baik,” kata Budi.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Istiono memastikan pihaknya telah bekerja keras untuk mengamankan arus balik. “Personel bergerak all out dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Polda Metro Jaya, Banten, Lampung,” kata Istiono.

Follow Berita Okezone di Google News

Istiono juga memastikan pihaknya siap mengawal kebijakan dari Kemenhub yang melarang kendaraan sumbu tiga ke atas untuk melintasi tol mulai dari pukul 08.00 pagi ini hingga pukul 08.00 besok.

“Kami atur ke jalan arteri untuk kendaraan yang sumbu tiga ke atas. Kemudian, kami mengharapkan pemudik tidak berangkat bersama-sama,” ujar Istiono.

Dia berharap pemudik bisa membagi waktu, atau lebih cepat kembali ke Jakarta. Karena, apabila bersamaan pada malam ini, dikhawatirkan terjadi penumpukan.

“Kami rekomendasikan dari sekarang sudah mulai tersebar menuju Jakarta, agar tidak ada penumpukan nanti malam. Kalau penumpukan yang kesulitan di rest area, di rest area pasti dilakukan buka tutup,” tutup Istiono.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini