Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesejahteraan Masyarakat RI Bisa Meningkat, Begini Caranya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 620 2267709 kesejahteraan-masyarakat-ri-bisa-meningkat-begini-caranya-qw4vI8rWq2.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Pusat Penyuluhan Sosial Kementerian Sosial menjalin kerja sama lintas kementerian/lembaga dalam mewujudkan desa berketahanan sosial. Hal ini sebagai upaya meningkatkan taraf kesejahteraan sosial masyarakat penduduk miskin dan rentan, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Kepala BP3S Kemensos Syahabuddin mengatakan, desa berketahanan sosial dapat dilihat dari meningkatnya kapasitas SDM masyarakat dalam mengelola potensi dan sumber daya serta kearifan lokal masyarakat, menguatnya nilai-nilai partisipasi sosial, gotong royong dan swadaya sosial.

“Lalu, kemampuan mengorganisir potensi/sumber daya yang ada melalui kelembagaan lokal masyarakat,” kata Syahabuddin di Jakarta, Rabu (26/8/2020)

Baca Juga: Tinggal 1% Penyaluran BLT Dana Desa Beres

Dari kerja sama tersebut, Syahabuddin mengharapkan dua hal. Sinergi program/kegiatan yang bisa membantu meningkatkan peran dan fungsi penyuluh sosial masyarakat dalam upaya memanfaatkan potensi/sumber dari kearifan lokal masyarakat, sehingga memiliki nilai bagi peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat.

“Harapan selanjutnya, antar kementerian/lembaga dapat sinergi dalam membentuk dan memperkuat kelembagaan lokal yang ada di masyarakat, sehingga mampu mengelola potensi/sumber yang ada, meningkatkan kapasitas SDM masyarakat,serta membangun dan memperluas jaringan sosial,” imbuhnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Program kegiatan desa berketahanan sosial diwujudkan melalui pengembangan peran dan fungsi penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas) dalam menjalankan Proses KIE, sekaligus menjadi agen perubahan masyarakat, penyuluh sosial transformatif, bimbingan sosial, dan penguatan kelembagaan lokal.

"Sinergi kerja sama dengan seluruh unit Kemensos, serta kerja sama lintas kementerian/lembaga sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan terwujudnya tujuan desa berketahanan sosial," jelasnya.

Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Inovasi Kemenristek/BRIN Lanjar menyampaikan sinergi ini diharapkan bisa mendorong program desa berketahanan sosial bisa memanfaatkan inovasi dan teknologi yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas.

"Produk nilai produk dan pengetahuan masyarakat yang sesuai wilayah dan kebutuhan di daerah tersebut," jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini