Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Busana Ikonik Rancangan Barli Asmara yang Tak Lekang oleh Waktu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 620 2269421 10-busana-ikonik-rancangan-barli-asmara-yang-tak-lekang-oleh-waktu-oOh191JIhW.jpg Busana ikonik rancangan Barli Asmara (Foto : Instagram/@barliasmara)

Di Instagram, Dian Pelangi membagikan foto kuburan Barli Asmara dipenuhi bunga mawar merah. Potret yang menjelaskan kesedihan sangat mendalam untuk banyak orang, khususnya insan fashion tanah air.

Nama Barli Asmara bakal dikenang sebagai salah seorang desainer terbaik Indonesia. Karyanya abadi sampai kapan pun.

Barli Asmara diketahui memulai karier sebagai seorang desainer pada 2002. Dia muncul di kala desainer lain tengah booming, sebut saja Biyan, Adrian Gan, Didi Budiarjo, Sebastian Gunawan, Eddy Betty, dan Denny Wirawan.

Namun, Barli punya identitas sendiri yaitu koleksi berpotongan feminin. Tidak hanya itu, ornamen menjadi daya tarik tersendiri dari setiap koleksinya yang lahir dan itu termasuk sesuatu yang berbeda kala itu.

Baca Juga : Perjalanan Hidup Barli Asmara Ditentang Ayah Jadi Desainer hingga Lawan Penyakit Maut

Barli Asmara di awal kariernya dipertemukan dengan Dewi Sandra. Selebriti yang namanya sudah melalang buana di mana-mana itu pula yang kemudian menyebarkan keharuman indahnya koleksi Barli Asmara. Sampai akhirnya Barli pun dipercayai Titi DJ untuk mengurus tampilannya.

Bicara mengenai koleksi, Barli Asmara melakukan beberapa evolusi dalam berkarya. Banyak sekali koleksinya yang mengejutkan pasar mode tanah air pun dunia. Nah, Okezone coba memperlihatkan pada Anda 10 transformasi busana rancangan Barli Asmara yang tak lekang waktu. Seperti apa?

1. Royal Smock

Busana Karya Barli Asmara

Koleksi ini tampil dalam Dewi Fashion Knight di Jakata Fashion Week 2008. Koleksi Barli Asmara tersebut benar-benar menonjolkan kekuatan Barli pada waktu itu, ornamental colection.

Hal itu bisa terlihat dari penggunaan kalung dipadukan dengan outer bertekstur. Busana ini merupakan gong dari perjalanan karier Barli selama 15 tahun berkarya di dunia mode.

Baca Juga : 4 Manly Style Barli Asmara, Sad Bakal Ngangenin Deh

2. La Vie Boheme

Busana Karya Barli Asmara

Lalu, Barli coba mengeksplorasi diri dengan sesuatu yang simple-minimalist tapi tetap menunjukkan sisi ornamentalnya. Karena itu, di koleksi ini bisa terlihat jelas structure-outfit yang sangat bold. Benar-benar beda!

3. YOUNIVERSE

Busana Karya Barli Asmara

Barli mulai berani untuk menerobos ruang dan waktu. Kali ini dia bermain dengan koleksi bernuansa classy ala Gatsby style. Aksen fringe menjadi kekuatan tersendiri yang coba diperlihatkan Barli.

Aksen fringe ini memberi sensasi seksi sekaligus edgy. Warna emas bertabur memberi kesan mewah yang mencolok. Koleksi ini melenggang di Jakata Fashion Week 2017.

4. Orchid

Busana Karya Barli Asmara

Koleksi Haute Couture Barli Asmara yang satu ini seperti gerbang baginya mengeksplorasi keindahan potongan feminin yang strong. Siluet busana sangat anggun dan permainan ornamen yang ikonik tetap ditonjolkan dalam koleksi ini. Hitam putih melambangkan keanggunan tak ternilai. Koleksi Orchid ini tampil di panggung Indonesia Fashion Week 2017.

5. Daz.zling

Busana Karya Barli Asmara

Di sini Barli benar-benar terlihat semakin matang. Dia membawa kain tulle ke level yang berbeda. Koleksinya ini memberi napas baru dalam dunia mode Indonesia. Barli benar-benar cerdik memanfaatkan material tersebut hingga tercipta koleksi indah. Koleksi ini terpampang di runway Indonesia Fashion Week 2018.

6. DEHALIYA

Busana Karya Barli Asmara

Di sini Barli coba sesuatu yang baru tapi tetap mempertahankan DNA femininnya. Koleksi Dehaliya ini sarat akan nuansa India yang begitu melambai. Detail di material menjadi kekuatan tersendiri dari koleksi ini.

7. Asmara

Busana Karya Barli Asmara

Koleksi ini cukup femonemal karena Barli menggandeng muse size plus. Dia ingin memberi tahu pada dunia bahwa semua perempuan itu cantik dan berhak untuk menggapai apa yang mereka inginkan tanpa harus merasa kurang karena bentuk tubuh.

Koleksi Asmara ini bernuansa hitam putih dengan detail material tulle yang selalu ada di koleksi Barli. Barli punya cara sendiri dalam menghargai setiap perempuan dan dia membuktikannya di koleksi ini.

8. Neelakurinji

Busana Karya Barli Asmara

Barli sepertinya semakin cinta dengan modest fashion. Potongan busananya semakin mengarah ke modest, meski begitu dia tetap menjual keindahan potongan feminin dan material tulle. Waran-warna pastel menjadi kekhasan yang tak bisa lepas juga dari Barli. Koleksi ini menghiasi Muslim Fashion Festifal Indonesia 2020.

9. Savanna

Busana Karya Barli Asmara

Makin ke sini koleksi Barli semakin effortless. Kali ini Barli berkolaborasi dengan Dwi Handayani mencipta koleksi Savanna.

Gaun tersebut berbahan cotton yang menyejukkan Warna natural mendominasi koleksi ini, ruffles tetap ada sebagai DNA yak tak bisa lepas dari Barli Asmara. Simple but pretty.

10. Unchained

Busana Karya Barli Asmara

Dan koleksi terbaru sekaligus terakhirnya pun lahir 20 hari sebelum kematiannya. Barli meinggalkan legacy yang sangat menawan. Busana koleksi ini coba memberikan nuansa yang berbeda dan ada makna di balik keputusan tersebut.

Barli ingin memberitahu semua orang kalau mereka berhak untuk mengekspresikan dirinya. So, terima kasih Barli atas perjalanan hidupmu yang begitu indah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini