Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Depok Terapkan Jam Malam Covid-19, Pakar: Harusnya Se-Jabodetabek!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 620 2270096 depok-terapkan-jam-malam-covid-19-pakar-harusnya-se-jabodetabek-fZ545bDBOe.jpg Patuhi protokol kesehatan (Foto : Okezone)

Kebijakan baru yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Jawa Barat, hangat diperbincangkan publik. Pasalnya, kebijakan itu mengatur aktivitas masyarakat cuma sampai pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut, jam operasional toko, swalayan, mini market, warung, rumah makan, itu hanya sampai pukul 18.00 WIB. Tapi, untuk layanan pesan antar makanan atau minuman, bisa dilakukan sampai pukul 21.00 WIB.

Tidak hanya memberlakukan jam malam, pemerintah Depok pun akan memaksimalkan peran Kampung Siaga Covid-19 untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Kebijakan pembatasan berskala RW pun akan dioptimalkan supaya aturan ini benar-benar diterapkan di masyarakat.

New Normal

Kebijakan tersebut dikeluarkan dengan alasan memutus penularan Covid-19 di tengah masyarakat yang masih saja terjadi hingga sekarang. Dengan diberlakukannya jam malam tersebut, diharapkan kasus corona di Depok bisa ditekan karena tidak ada orang yang keluyuran lagi pada malam hari.

Baca Juga : Natasha Wilona Terkurung Dalam Balok Es, Cantiknya Kebangetan

Keluarnya aturan ini disambut positif Ahli Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD. Menurutnya, langkah yang diambil Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Depok sudah benar dan bahkan semestinya aturan itu diberlakukan se-Jabodetabek.

"Depok memberlakukan jam malam, kalau mau efektif, Jabodetabek harusnya menerapkan hal yang sama," terang dr Ari melalui media sosial Twitter-nya, Senin (31/8/2020).

Lalu, pada Okezone Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu menjelaskan bahwa ada manfaat pencegahan penyebaran virus corona dari penerapan aturan jam malam itu sangat mungkin terjadi.

"Ketika aturan jam malam itu diberlakukan, maka akan efektif untuk menekan orang-orang berkumpul malam hari sambil merokok, minum kopi, makan-makan," jelas dr Ari.

New Normal

Terkait dengan aturan jamnya, dr Ari pun sepakat untuk membatasi aktivitas hingga pukul 18.00 sama seperti yang diberlakukan di Depok. "Kalau memang pengen hasilnya efektif, waktunya sama dengan yang diterapkan di Depok," sambungnya.

Aturan jam malam ini diberlakukan per hari ini, Senin 31 Agustus 2020. Sekai lagi, kebijakan ini keluar dengan maksud memutus penyebaran virus corona di tengah masyarakat. Dan diharapkan pemerintah Jabodetabek memberlakukan hal serupa, bukan cuma Depok, agar hasilnya jauh lebih efektif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini