Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabar Baik, Urutan Gejala Covid-19 Berhasil Terungkap!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 620 2270304 kabar-baik-urutan-gejala-covid-19-berhasil-terungkap-A81RyLCiNu.jpg Peneliti ungkap urutan gejala Covid-19 (Foto : Healthline)

Masyarakat sudah cukup paham bahwa Covid-19 memiliki gejala yang khas yaitu demam tinggi, batuk, diare, nyeri otot, dan sesak napas. Tapi, tahukah Anda bahwa kini peneliti menemukan fakta baru bahwa gejala yang muncul itu berurutan.

Penelitian dilakukan di University of Southern California (USC). Hasil studi mereka menemukan bahwa urutan gejala pasien Covid-19 itu diawali demam, lalu muncul batuk dan nyeri otot, mual, muntah (atau keduanya), dan diakhiri diare.

Hasil studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Public Health. Kandidat doktor Joseph Larsen dan koleganya melakukan penelitian ini bekerja sama dengan penasihat fakultas Peter Kuhn dan James Hicks di USC Michelson Center for Convergent Bioscience's Convergent Science Institute in Cancer.

Demam

Lebih lanjut, untuk menentukan urutan munculnya gejala Covid-19, para peneliti mengevaluasi tingkat kejadian gejala dari 55.924 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi di China. Data tersebut didapatkan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang sudah dikumpulkan dari 16 Februari hingga 24 Februari 2020.

Para peneliti memperluas analisis mereka dengan data dari 1.099 kasus yang dikumpulkan oleh Kelompok Ahli Perawatan Medis China melalui Komisi Kesehatan Nasional China dari 11 Desember 2019 hingga 29 Januari 2020.

Baca Juga : Ariana Grande Curi Perhatian di MTV VMA 2020, Eh Ada yang Melorot!

Nah, untuk membandingkan urutan gejala Covid-19 dengan influenza, tim melihat kumpulan data influenza dari 2.470 kasus yang dikonfirmasi dari sebagian besar pasien yang tidak divaksinasi di Eropa, Amerika Utara, dan Belahan Bumi Selatan yang dilaporkan ke WHO dati tahun 1994 hingga 1998.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari tiga penyakit yang diteliti yang disebabkan oleh virus corona - Covid-19, SARS, dan MERS - gejala awal yang paling mungkin adalah demam. Sebaliknya, influenza dimulai dengan batuk.

Selain itu, meskipun gejala penyakit ini tumpang tindih dengan Covid-19, yang membedakan virus corona baru dibandingkan penyakit lainnya adalah waktu dan gejala di saluran pencernaan bagian atas dan bawah.

"Gejala mual dan muntah tampaknya muncul sebelum diare pada pasien Covid-19, yang berbeda sekali dengan MERS dan SARS," tulis para peneliti. Pada semua penyakit, para ilmuwan mengamati bahwa demam dan batuk terjadi sebelum mual, muntah, atau keduanya, dan diare.

"Urutan ini sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih seperti flu yang bertepatan dengan infeksi Covid-19," tegas penulis senior, Peter Kuhn, Profesor Ilmu Biologi dan Profesor Kedokteran, Teknik Biomedis, dan Aerospace & Teknik Mesin di USC Dornsife.

Mual

Dari hasil penelitian ini, dokter dapat menentukan langkah apa yang harus diambil untuk merawat pasien, dan mereka dapat mencegah kondisi pasien memburuk.

Lalu, para peneliti berharap dengan adanya studi ini tenaga medis menjadi lebih cepat dalam bertindak sesuai dengan gejala awal yang muncul dari si pasien Covid-19. Studi ini juga membantu pasien segera melakukan isolasi diri jika muncul gejala.

Tidak hanya itu, studi yang dilakukan USC ini pun diharapkan dapat membantu profesional medis mengidentifikasi pasien dengan penyakit tertentu, menyingkirkan penyakit lain, dan merancang perawatan yang lebih efektif dan efisien.

"Mengingat sekarang ada pendekatan yang lebih baik untuk pengobatan Covid-19, dengan mengidentifikasi pasien lebih awal dapat mengurangi waktu rawat inap," kata Prof Larsen, penulis utama studi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini