Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jaga Imunitas agar Terhindar Corona ala Wiku

Binti Mufarida, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 620 2272637 tips-jaga-imunitas-agar-terhindar-corona-ala-wiku-PWo21l2Nry.jpg ilustrasi: shutterstock

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas pada tubuh. Salah satunya menjaga asupan makan.

(Baca juga: Mantan Menteri Era Soeharto Abdul Gafur Akan Dimakamkan di TMP Kalibata)

“Ada berapa cara kita untuk bisa menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Yang pertama tentunya salah satunya adalah kualitas dari asupan makanan itu hal yang penting,” ujarnya di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Selanjutnya yang kedua, istirahat cukup minimal 7 sampai 8 jam per hari. “Kemudian kita ini perlu istirahat karena badan kita sel-sel kita memperbaiki diri pada saat kita juga harus istirahat, maka dari itu durasi tidur itu harus cukup misalnya 7 sampai 8 jam perhari. Itu dalam rangka untuk imunitasnya akhirnya bisa dijaga dan ditingkatkan,” urainya.

(Baca juga: KSAD Jenderal Andika Bahas Pengembangan Obat Covid-19 dengan IDI)

Ketiga, sambung Wiku minum air sekitar 8 sampai 10 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi. “Kemudian juga pastikan bahwa kita mengkonsumsi air cukup banyak, supaya tetap terhidrasi yaitu sekitar 8-10 gelas perhari,”jelasnya.

Keempat adalah melakukan olahraga yang cukup minimal 30 sampai 45 menit per hari. “Selain itu pastikan kita juga perlu keseimbangan salah satunya yang penting adalah olahraga yang sering ditinggalkan oleh banyak orang. Padahal itu penting sekali, sekitar 30 sampai 45 menit gitu kalau bisa rutin setiap hari. Dan itu bisa dilakukan dirumah juga atau di halaman rumah juga boleh,” jelas Wiku.

Dan yang terakhir, kata Wiku tidak boleh stres. “Dan yang terakhir yang penting kita nggak boleh stres. Tentu caranya ya lakukan aktivitas yang menyenangkan di rumah,”ujarnya.

“Pokoknya intinya kalau nggak perlu keluar rumah, sebaiknya tidak, di rumah saja. Supaya tetap tidak berpotensi untuk menulari ataupun tertular. Tapi aktivitas yang menjaga imunitas itu bisa dilakukan di rumah,”tutup Wiku.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini