Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hampir Meninggal, YouTuber Fitrah Akbar bagi Tips Sembuh dari Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 620 2275418 hampir-meninggal-youtuber-fitrah-akbar-bagi-tips-sembuh-dari-covid-19-Kf3Mz7kMdk.jpg Fitrah Akbar berbagi tips sembuh dari Covid-19 (Foto : YouTube/Fitrah Akbar)

YouTuber Fitrah Akbar berhasil lepas dari jeratan Covid-19 yang mematikan. Ia dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut pada 16 Agustus 2020, setelah menjalani perawatan intensif di RS PCH Surabaya sejak 29 Juli 2020.

Sebelumnya, Fitrah Akbar berbagi pengalaman ketika terinfeksi Covid-19. Dia merasa saat itu susah bernapas, hampir meninggal dunia.

"Saya rasanya seperti tenggelam (susah bernapas). Pengalaman yang rasanya hampir mati. Pengalaman yang tidak terlupakan juga, tapi tidak ingin saya rasakan lagi," curhatnya.

Dalam upaya penyembuhan, Fitrah mendapatkan banyak sekali obat. Jika dilihat dari foto yang dia bagikan di chanel Youtube-nya, ada 5 jenis obat berbeda yang mesti dia telan. Belum lagi ada obat yang diinjeksikan ke aliran darahnya secara langsung.

"Untuk obat suntik, itu ada obat untuk pelapis lambung, vitamin, dan beberapa obat yang enggak saya tanyakan. Sementara itu, untuk obat telannya ada pengencer dahak, obat batuk, vitamin, ada beberapa pil kecil, dan sempet mendapat obat donasi dari China namanya Lianhua yang diberikan 7 hari setelah masuk kamar isolasi," terangnya.

Pasien Covid-19

Dalam perawatan di rumah sakit, ia merasa setiap harinya semakin membaik. Sampai akhirnya setelah dinyatakan dua kali negatif Covid-19, Fitrah Akbar pun diperbolehkan pulang. Tapi, tetap ada beberapa hal yang harus dia perhatikan usai dinyatakan sembuh.

"Setelah diperbolehkan pulang, saya mesti menjalani isolasi mandiri beberapa hari. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat pun menjadi keharusan. Ya, intinya harus menjaga pola hidup sehat," tambah pemilik akun Instagram @fitrahphotography tersebut.

Baca Juga : Aurel Hermansyah Berbusana Ketat di Pantai, Netizen: Waw Ada Bidadari!

Di video tersebut pun Fitrah menjelaskan tips bisa sembuh dari Covid-19 selain tentunya mengonsumsi dengan disipli obat yang diberikan rumah sakit. Apa saja tips sembuh dari penyintas Covid-19 ini?

1. Wajib pakai masker, hand sanitizer, dan face shield.

Pasien Covid-19

"Teman-teman, virus corona ini beneran ada, jadi usahakan untuk selalu mengenakan masker dan face shield, serta bawa hand sanitizer kemana-mana," katanya.

Soal pakai masker, Fitrah menjelaskan, selama 24 jam dirinya wajib pakai masker, kecuali saat mau makan atau mandi. Hal itu sampai membuat telinganya robek.

"Saya pakai masker 24 jam sampai telinga saya robek terkena tali masker. Akhirnya tali masker dilapis tisu," ungkapnya.

2. Minum susu setiap hari

Susu menjadi minuman wajib Fitrah selama dirawat. "Waktu dirawat, saya disarakan untuk menaikan imunitas tubuh dengan minum susu. Susu itu seperti minuman wajib saya setiap hari," tuturnya.

3. Mengonsumsi vitamin C

Mengonsumsi vitamin C selama masa perawatan pun memberinya kekuatan sampai akhirnya sembuh.

4. Konsumsi madu

Selama dirawat, Fitrah pun mengonsumsi madu. Bahan alami tersebut membuat imunitas tubuhnya lebih kuat dan dia merasa sehat setiap harinya.

Pasien Covid-19

5. Probiotik

Jika diperbolehkan, Anda bisa menambahkan probiotik ke dalam menu suplemen tambahan Anda untuk menaikkan imunitas tubuh.

6. Masker ditetesi minyak kayu putih

Karena harus pakai masker 24 jam, ia pun memberi treatment tambahan ke maskernya yaitu menetesinya dengan minyak kayu putih. Hal itu membantunya untuk melegakan napasnya saat bernapas.

"Beberapa pasien lain bahkan meminum minyak kayu putih atau menempatkannya di ujung bibir. Kalau saya cukup ditetesi ke masker," ceritanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini