Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Perluas Area Pemakaman Jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon

Bima Setiyadi, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 620 2280811 pemprov-dki-perluas-area-pemakaman-jenazah-covid-19-di-tpu-pondok-ranggon-7hoxeHp02D.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau TPU Pondok Ranggon. Sumber foto: Instagram @aniesbaswedan

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta tengah memperluas lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, berdasarkan permintaan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, pihaknya saat ini tengah mematangkan perluasan lahan sekitar 13.500 meter persegi di TPU Pondok Rangon.

"Karena lahan penguburan jenazah Covid-19 di TPU Pondok Rangon sudah mulai terbatas, jadi kami membuka lahan lagi selama luas areanya mencukupi," kata Hari, Minggu (20/9/2020).

Hari menjelaskan, proses pematangan lahan sudah berlangsung sejak dua bulan lalu dan ditargetkan selesai dalam pekan ini. Menurutnya, pengerjaan pematangan lahan mengerahkan alat berat seperti deklarator, psikiater dan siap truck.

Alat berat tersebut melakukan proses cut and fill atau menjadikan permukaan tanah menjadi lebih rata. Sehingga memudahkan proses penggalian penfuburan jenazah.

"Kondisinya kan kayak gundukan gitu, ya kita ratakan dulu untuk memudahkan penggalian," ungkapnya.

Pada 31 Agustus lalu, lahan di TPU Pondok rangon hanya bisa menampung 1.100 jenazah Covid-19. Berdasarkan informasi dari Komandan Regu PJLP TPU Pondok Ranggon, Nadi. Dikhawatirkan akhir bulan depan sudah tidak ada lagi lahan yang tersisa.

Baca Juga: 45 Jenazah Dimakamkan dalam Sehari, Gubernur Anies Tinjau TPU Pondok Ranggon

Sebelumnya dikabarkan Anies Baswedan meninjau TPU Pondok Ranggon, sembil berbincang dengan petugas di lapangan.

Anies menjelaskan terdapat 45 jenazah yang dikuburkan kemarin atau Sabtu 19 September 2020. Namun ia tidak menjelaskan semua jenazah itu pasien Covid-19 atau tidak.

“Di tempat ini, tanah-tanah gundukan kuburan itu belum memadat. Ada 45 jenazah hari ini dikuburkan. Malam telah larut, penggali kubur belum akan pulang. Menanti jika datang kewajiban lagi di tengah malam,” tutur Anies.

Baca Juga: Datangi TPU Pondok Ranggon, Anies Dengarkan Cerita Penggali Kubur Pasien Covid-19

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini