Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Air Ketuban, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 26 September 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 620 2284112 covid-19-bisa-menyebar-lewat-air-ketuban-mitos-atau-fakta-ALXsBGPbRm.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Masyarakat semakin was-was dengan situasi pandemi sekarang. Angka kasus konfirmasi Covid-19 yang belum juga melandai menjadi kecemasan tersendiri bagi sebagian orang, termasuk pada ibu hamil.

Bahkan, beberapa ibu hamil mempertanyakan apakah bayi yang tengah ia kandung bisa terpapar Covid-19 jika dirinya positif Covi-19. Pertanyaan semacam itu tentu membuat kecemasan yang harus diatasi.

Ibu Hamil

Menjawab persoalan tersebut, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur dr Nina Martini, SpOG, menjelaskan, sampai saat ini belum ada data yang membuktikan ibu hamil lebih berisiko terpapar Covid-19 dibandingkan orang yang tidak hamil.

Baca Juga : Dokter Larang Oleskan Minyak Kayu Putih ke Masker, Kenapa?

Namun, tidak menutup kemungkinan ibu hamil terpapar Covid-19. Karena itu, ibu hamil sebaiknya terus memantau kondisi kesehatannya secara rutin dan memahami gejala Covid-19 jika muncul.

"Gejala Covid-19 pada ibu hamil sama dengan gejala yang selama ini sudah banyak diketahui publik yaitu batuk, demam, gangguan pernapasan, atau pun tidak merasakan gejala apapun," tutur dr Nina melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone, beberapa waktu lalu.

Nah, terkait dengan apa mungkin virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 masuk ke dalam janin di kandungan bila si ibu dinyatakan positif Covid-19?

Diterangkan dr Nina, hal tersebut pun sampai sekarang belum ditemukan buktinya. Karena itu, diperlukan studi lebih lanjut terkait dengan persepsi tersebut.

Ibu Hamil

"Yang bisa dijelaskan, hingga saat ini belum ditemukan penularan Covid-19 sampai ke air ketuban. Covid-19 juga belum terbukti dapat masuk melalui plasenta hingga menularkan bayi di dalam kandungan," ujarnya.

Jadi, potensi penularan Covid-19 pada bayi di dalam kandungan hingga saat ini masih terus diteliti. Covid-19 masih diyakini menyebar melalui droplet dari si ibu ke bayi yang sudah dilahirkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini