Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Menarik Jokowi Perintah Prabowo Tanam Singkong

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 620 2284225 5-fakta-menarik-jokowi-perintah-prabowo-tanam-singkong-GWoB171Er5.jpg Singkong (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah saat ini telah menetapkan lokasi Desa Tahai Baru, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah sebagai kawasan lumbung pangan nasional atau food estate. Adapun tujuan dilaksanakannyaa program tersebut agar Indonesia sebagai negara agraris bisa memproduksi pangan tanpa ketergantungan lagi dari impor.

Proyek itu digarap Kementerian Pertanian dan Pertahanan dan beberapa lembaga lainnya. Namun, setiap intansi memiliki garapan yang berbeda-beda dalam mengerjakan food estate. Contohnya, Kementerian Pertahanan diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menanam singkong di sana.

Terkait hal itu Okezone sudah merangkum beberapa fakta tentang Kementerian Pertahanan ditugaskan menenam singkong di Program Food Estate, Jakarta, Minggu (27/9/2020).

 Baca juga: Resesi di Depan Mata, Harga Pangan Jangan Sampai Meroket

1. Jokowi Kick Off Lumbung Pangan Nasional Awal Oktober

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap pada awal Oktober mendatang pengelolaan lumbung pangan nasional atau food estate sudah bisa dilakukan. Dia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat melakukan kick off pengelolaan lahan di Kalimantan Tengah.

“Kami berharap bapak presiden minggu pertama Oktober akan melakukan kick off di tempat itu,” katanya seusai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Rabu (23/9/20202).

2. Jokowi Tugasi Sofyan Djalil Bereskan Masalah Lahan Lumbung Pangan Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan lumbung pangan nasional atau food estate di Kalimantan Tengah sudah memiliki sejumlah progres. Namun dia mengakui ada beberapa masalah yang dihadapi. Salah satunya berkaitan dengan lahan.

 Baca juga: Ketua Komisi IV DPR Cecar Mentan soal Proyek Food Estate di Kalteng

“Sudah ada sejumlah progres di lapangan meskipun masih terdapat beberapa masalah yang perlu segera diselesaikan. Yaitu yang berkaitan dengan kepemilikan lahan di area food estate,” katanya saat membuka rapat terbatas.

3. Prabowo Mulai Tanam Singkong di Kalteng Awal 2021

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan memulai serangkaian tugasnya dalam mengurus proyek kesiapan food estate usai penunjukannya di tanggal 9 Juli lalu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta langsung Prabowo untuk membantu proyek garapan lintas kementerian tersebut.

Prabowo memastikan, penunjukan tugasnya dalam mengurusi lumbung pangan tidak akan menggeser kerja utama daripada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Saya diberi tugas bulan juli lalu tanggal 9 Juli untuk ikut membackup, mendukung menteri-menteri lain yang berkaitan tentang pertanian dan yang paling utama adalah menteri pertanian, tugas pokok beliau itu. Kita hanya mem-backup sebagai cadangan," kata Prabowo dalam konferensi pers virtual dilihat dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

4. Menhan Prabowo Tanam Singkong di Lahan Seluas 30.000 Hektare

Untuk tahap awal, kata Prabowo, pihaknya akan memulai menanam singkong di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada awal Tahun 2021. Menurutnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pun sudah bersedia menyediakan lahan seluas 30.000 hektar.

"Tentang rencana singkong kita mulai di Kalimantan Tengah di awal Tahun 2021 seluas 30.000 hektare. Gubernur Kalteng sudah mendukung lahan dan mem-backup di lapangan sehingga siap untuk kita mulai," tuturnya.

5. Prabowo Targetkan Luas Tanah yang Bisa Ditanamkan Singkong hingga 1,4 juta Hektare

Diharapkan Prabowo, setiap tahunnya lahan lumbung pangan tersebut akan meningkat luasnya. Di akhir Tahun 2025 pun, Prabowo menargetkan luas lahan yang bisa ditanamkan singkong mencapai 1,4 juta hektare.

"Selanjutnya sampai 2025 akan meningkat terus sasaran kita sampai 1,4 juta di akhir tahun 2025. Jadi, kita optimis akan kerja dengan baik," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini