Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Langkah Penting untuk Cegah Penularan Klaster dalam Keluarga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 September 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 620 2284828 5-langkah-penting-untuk-cegah-penularan-klaster-dalam-keluarga-GC1W4P7ygQ.jpg Cegah klaster keluarga Covid-19 (Foto: Freepik)

Pada September 2020, kasus positif Covid-19 juga menunjukkan tren meningkat. Salah satu faktornya terutama disebabkan meningkatnya kasus positif di kluster keluarga

Data per 25 September 2020 jumlah kasus aktif mencapai 60.431. Dari hasil tracing Kementerian Kesehatan, jumlah klaster sudah mencapai lebih dari 1100 klaster dan sebagian adalah klaster keluarga.

Karenanya, belum lama ini pemerintah meminta agar semua orang tetap menggunakan masker saat berada di dalam rumah. Pernyataan ini disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga.

"Berkaitan dengan kluster keluarga, memang ada beberapa hal penting yang jadi perhatian bahwa kunci disiplin mematuhi protokol kesehatan itu tidak hanya pada saat keluar rumah, tapi kami sarankan untuk tetap makai masker di dalam rumah. Apalagi di dalam keluarga ada kelompok rentan, seperti balita atau lansia," jelas Menteri Bintang saat jumpa pers secara virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 24 September 2020.

Menteri PPPA

Baca Juga : Wika Salim Tampil Shining Pakai Dress, Netizen: Kinclong Kayak Batu Giok!

Menteri Bintang menambahkan paparan Covid-19 pada kluster keluarga semakin meningkat karena kemungkinan paparan tersebut terjadi ketika Ayah atau Ibu bekerja di luar rumah. Oleh karenanya, saya mengimbau ketika Ayah atau Ibu baru masuk rumah segera membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan keluarga.

“Bagi ayah, ibu, atau anggota keluarga yang keluar rumah, setiap pulang dari luar, begitu sampai di rumah jangan langsung melaksanakan aktivitas dan interaksi dengan keluarga, tapi langsung bersih-bersih diri, mandi, dan ganti pakaian. Setelah itu, baru kita melakukan aktivitas dan interaksi dengan keluarga. Inilah yang perlu kita lakukan bersama-sama untuk mencegah kluster dalam keluarga,” ujar Menteri Bintang.

5 langkah cegah penularan klaster keluarga

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa yang memandu dialog menyampaikan 5 langkah menghindari penularan dalam klaster keluarga. Pertama, pahami dengan benar cara penularan Covid-19. Kedua, selalu ikuti protokol kesehatan termasuk protokol kedatangan.

Dokter Reisa Broto Asmoro

Ketiga, ketahui kondisi kesehatan setiap anggota keluarga di rumah termasuk kalau ada yang sakit harus menggunakan masker. Keempat, pastikan gizi seimbang dan jangan lupa olahraga rutin bersama. Dan kelima, ciptakan suasana tenang di rumah, berantas hoax dan jauhi sumber kepanikan.

"Mari kita cegah penambahan kasus dari rumah. Lindungi anak, orang tua dan sanak keluarga kita. Lakukan lima langkah tadi, dan salam hangat untuk mereka. Selamat menikmati akhir pekan yang sehat dengan keluarga, perempuan berdaya, anak terlindungi dan keluarga tetap sehat," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini