Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masker Menyelamatkan Diri dari Covid-19, Bukan dari Razia Protokol Kesehatan

Selasa 29 September 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 620 2285658 masker-menyelamatkan-diri-dari-covid-19-bukan-dari-razia-protokol-kesehatan-aPIRQXOaYs.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock
A A A

PADANG – Memakai masker adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari virus corona (Covid-19). Namun Satpol PP Kota Padang menilai sebagian warga memakainya hanya untuk selamat dari razia protokol kesehatan.

Untuk diketahui 261 warga Kota Padang terjaring razia protokol kesehatan yang telah dilakukan semenjak Senin pekan lalu hingga Selasa (29/9/2020).

“Sebanyak 261 terjaring dari berbagai lokasi di Kota Padang. Rata rata mereka tidak memakai masker, tentu ini telah melanggar ketentuan dalam Perwako Nomor 49 tahun 2020,” kata Kasat Pol PP Padang, Alfiadi.

Hari ini Tim gabungan Satpol PP dan Polresta Padang kembali melakukan Operasi Yustisi di beberapa tempat, yakni Pasar Gaung Kecamatan Padang dan Pasar Pagi Parak Laweh Kecamatan Lubuk Begalung.

Kata Alfiadi, dalam Operasi Yustisi kali ini petugas mendapati 15 orang pelanggar Perwako Nomor 49 Tahun 2020 tentang protokol kesehatan, dan pola hidup baru masa Pandemi Covid-19 di Kota Padang.

"Setelah didata oleh PPNS, mereka kita berikan sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum dan jalan. Sepertinya masyarakat sudah mulai patuh dan taat terhadap aturan", ucap Alfiadi

Selain mendata mereka yang tidak mengunakan masker, Satpol PP juga melakukan peneguran bagi warga yang membawa masker namun tidak mengunakan.

Baca Juga: Langgar Protokol Covid-19, Sejumlah Pesta Pernikahan Dibubarkan Polisi

"Kebanyakan yang kami dapati dalam operasi yustisi hari ini rata rata mereka semua membawa masker namun mereka enggan untuk memakainya, kami akhirnya melakukan peneguran terhadap warga yang sengaja memakai maskernya dengan cara yang tidak benar," ucap Alfiadi.

Alfiadi juga mengatakan masyarakat Kota Padang benar-benar bisa mematuhi aturan yang berlaku untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padang.

"Masker bisa menyelamatkan kita dari penularan virus korona, bukan menyelamatkan kita dari razia. Jadi saya harapkan kepada masyarakat Kota Padang, sebagaimana yang sudah diintruksikan oleh Pemerintah Kota Padang, mari bersama-sama kita putus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, agar Kota Padang kembali kepada keadaan yang normal kembali,” harapnya.

Baca Juga: Ketika Pelanggar Protokol Covid-19 Pasrah Dihukum Bersihkan Makam

Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini